Tingkatkan Sistem Imun, Rahasia Anak Bertahan Di tengah Nuansa Corona

Tingkatkan Sistem Imun, Rahasia Anak Bertahan Di tengah Nuansa Corona

nuansa corona

Farenting.com – COVID-19, telah menghantui banyak orangtua, apalagi jika menyangkut sang buah hati. Ya, bermain memang menjadi kegiatan favorit si kecil. Lalai sedikit saja, maka taruhannya adalah nyawa. Maka dari itu, mereka perlu perlindungan ekstra dari orangtua agar mereka dapat bermain dengan leluasa.

Bagi sang buah hati, sistem imunitas tubuh adalah benteng penghalau dari berbagai penyakit. Tak heran, jika mereka butuh asupan vitamin dan mineral lebih banyak karena sangat rentan bagi anak untuk terjangkit virus maupun bakteri. Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Badan Litbang Kesehatan membuktikan bahwa zat gizi mikro (vitamin dan mineral) tertentu dapat meningkatkan kekebalan tubuh si kecil. Merujuk pada jurnal ilmiah tersebut, berikut adalah makanan mengandung vitamin yang perlu dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak :

  1. Vitamin A

https://www.golansia.com/pentingnya-konsumsi-serat-tinggi-bagi-kesehatan-tubuh-249/

Tidak hanya bagus untuk menjaga kesehatan mata, ternyata makanan yang kaya akan vitamin A sangat bagus untuk menangkal radikal bebas. Fams dapat menemukan vitamin A pada sayuran seperti wortel, brokoli, ubi dan paprika, sedangkan pada buah, vitamin A terdapat pada Apel atau Kiwi. Selalu ingat untuk mengkreasikan makanan agar anak tertarik untuk makan sayur yang sehat dan bergizi ya, fams.

  1. Vitamin E

https://kumparan.com/kumparanfood/6-makanan-kaya-vitamin-e-untuk-meningkatkan-daya-tahan-tubuh-1t4KJf7DL0n

Ternyata tidak hanya dari sinar matahari, kita pun bisa mendapatkan vitamin E dari buah-buahan dan sayuran. Selain bagus untuk kesehatan kulit, fungsi utama vitamin sebagai antioksidan ternyata sangat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh anak. Sumber makanan yang kaya akan vitamin E terdapat pada Alpukat dan Mangga. Fams dapat membuat jus untuk buah hati agar nafsu makan mereka tetap terjaga, sedangkan pada sayuran, tomat juga mengandung vitamin E yang bermanfaat bagi tubuh.

  1. Vitamin C

https://www.merdeka.com/sehat/dibanding-jeruk-8-makanan-ini-lebih-kaya-vitamin-c.html

Sudah tak asing lagi, bahwa vitamin C sangat bermanfaat bagi tubuh. Tubuh manusia tidak dapat menghasilkan vitamin C secara alami, maka dari itu kita perlu asupan dari luar untuk memenuhi kebutuhan vitamin C pada tubuh. Fams dapat membuat jeruk peras untuk keluarga agar kebutuhan vitamin C keluarga, terutama anak, selalu terjaga. Selain itu, pepaya dan bayam juga merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang tinggi.

  1. Selenium

https://www.idntimes.com/health/fitness/nurul-aulia/5-khasiat-selenium-untuk-tubuh-mineral-penting-dalam-makanan-c1c2/1

Selenium juga penting dalam berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Beberapa makanan seperti ikan tuna, ayam, dan telur ternyata mengandung selenium. Tentu ada banyak kreasi makanan yang bisa dibuat untuk menjaga selera makan anak. Makanan sederhana seperti sup dan dipadukan dengan sayuran yang mengandung vitamin juga akan sangat bermanfaat bagi kekebalan tubuh.

  1. Zinc

https://www.suara.com/health/2014/09/17/133921/yogurt-dan-susu-bisa-turunkan-risiko-diabetes

 Beberapa makanan seperti susu, keju, ataupun daging sapi sangat kaya akan kandungan zinc. Tidak hanya bermanfaat pada kesehatan rambut, ternyata zinc juga berperan besar dalam mempercepat penyembuhan luka atau regenerasi sel. Itulah alasan zinc sangat bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Fams dapat mengkreasikan susu dengan membuat yogurt atau memarut keju dengan roti.

  1. Zat Besi

https://kumparan.com/kumparanfood/7-tips-mengolah-kacang-merah-agar-empuk-dan-lembut

 Zat besi terkenal untuk meningkatkan energi. Zat besi juga berperan aktif dalam tumbuh kembang anak dan meningkatkan daya tahan tubuh mereka. Makanan yang sering kita konsumsi seperti nasi putih juga ternyata sumber zat besi yang tinggi. Tetapi, fams juga dapat menggantinya dengan alternatif seperti kacang merah atau kentang agar anak tidak bosan.

Baca Juga:  Cara Efektif Mencuci Sayur dan Buah Saat Pandemi Corona

 

Bagikan yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *