Superfood untuk Supermom

Superfood untuk Supermom

Sumber: Freepik.com

Farenting.com – Kalau ada Supermom yang kuat dan multitalenta dalam mengurus rumah tangga, maka ada pula Superfood yang menjadi rahasianya. Tren gaya hidup sehat ini sangat cocok bagi Moms yang sedang hamil. Sebab ibu hamil memerlukan gizi yang baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang si kecil di dalam kandungan.

Istilah Superfood memang kian santer terdengar ditengah pandemi seperti saat ini. Setiap orang berlomba-lomba menerapkan tren hidup sehat. Tahukah Fams apa sebenarnya Superfood itu? Menurut hellosehat Superfood adalah beberapa kelompok makanan sehat yang termasuk dalam sumber makanan nabati, tetapi juga ikan-ikanan dan produk susu. Makanan ini dianggap mempunyai kekayaan nutrisi yang padat, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Pada dasarnya, ini hanyalah istilah pemasaran untuk makanan yang memiliki manfaat kesehatan menurut Despina Hyde seorang ahli gizi dari Langone Medical Center.

Mengapa makanan bergizi sangat penting bagi ibu hamil? Menurut jurnal penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang ditulis Mila syar’i dkk, Asupan makanan selama hamil berbeda dengan makanan sebelum hamil untuk kebutuhan ibu dan janin. Berdasarkan angka kecukupan gizi (AKG) di tahun 2013, ibu hamil memerlukan tambahan 300 kkal perhari selama kehamilan. Penambahan protein 20gr/hari, lemak 10gr/hari, dan karbohidrat sebesar 40gr/hari. Sebab pertumbuhan dan perkembangan si kecil dalam kandungan sangat dipengaruhi dengan asupan gizi yang Moms konsumsi. Jika kesehatan dan status gizi nya baik, maka ibu dan janin yang dikandung akan baik pula.

Sebaliknya, jika Moms kekurangan gizi maka akan berisiko terkena kekurangan energi kronis (KEK). Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan Universitas Airlangga dan ditulis oleh Anisatun Azizah dan Merryana Adriani, menyatakan bahwa ibu di Indonesia berisiko tinggi terkena gangguan ini jika kekurangan gizi. KEK ini disebabkan oleh ketidakseimbangan asupan zat gizi, sehingga mengakibatkan ketidaksempurnaan fisik maupun mental. Menurut hasil Riskesdas tahun 2013, provinsi Jawa Timur termasuk dalam kawasan ibu hamil yang banyak mengalami kasus KEK sebesar 29,8%. Dalam skala nasional, kasus KEK terbesar adalah dari ibu yang hamil di Jawa Timur.

Nah, tentunya Moms tidak ingin kan kekurangan gizi. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, mineral, dan vitamin, Moms bisa mendapatkannya dari Superfood lho. Maka dari itu, cobalah mengkonsumsi beberapa pilihan Superfoods seperti yang dilansir dari WebMD ini yuk!

Sumber : Freepik

Pertama, Kacang polong. Ada beberapa jenis lagi seperti lentil, kacang hitam, kacang buncis, dan juga kedelai. Beberapa jenis kacang tersebut memasok banyak serat, zat besi, protein, folat, kalsium dan seng. Moms bisa mencobanya dengan mencampurkan dalam hidangan makanan. Seperti sup, salad, hidangan pasta, atau roti lapis gulung. Selain mudah didapatkan, Moms bisa mengkreasikan bahan ini.

Sumber : Freepik

Kedua, Daging sapi. Makanan yang satu ini paling banyak dikonsumsi warga Indonesia. Potongan daging sapi tanpa lemak seperti steak sirloin banyak mengandung protein, vitamin B6, B12, niasin, serta seng dan zat besi. Zat tersebut sangat mudah diserap tubuh, dan kaya akan kolin. Hal ini bermanfaat untuk perkembangan otak dan kekuatan kognitif. Moms bisa mengkreasikannya dengan menambah daging giling tanpa lemak ke saus pasta, hidangan tumis atau resep kreasi Moms sendiri.

Sumber : Freepik

Ketiga, Buah Beri. Si kecil yang menjadi favorit setiap orang ini besar manfaatnya, lho! Buah yang tergabung dalam keluarga beri seperti strawberry, blueberry, blackberry, dan raspberry ini dikemas dengan karbohidrat, vitamin C, kalium, folat, serat dan cairan. Kandungan fitonutrien dalam buah beri secara alami merupakan senyawa tanaman bermanfaat yang melindungi sel dari kerusakan. Selain rasanya yang lezat, manfaatnya juga banyak ya. Moms bisa menikmatinya dengan cara menambahkannya di atas sereal gandum, smoothie yang dibuat dengan susu atau yogurt, pancake, dan salad. Makanan ini bisa menjadi pencuci mulut yang cocok untuk ibu hamil.

Baca Juga:  Apa Saja Makanan Sehat Pemicu Kehamilan, Yuk Cari Tahu!

Sumber : Freepik

Keempat, Brokoli. Sayuran hijau ini memiliki kandungan folat, serat, kalsium, lutein, zaexanthin, karotenoid, untuk meningkatkan penglihatan yang sehat. Ada juga kalium untuk keseimbangan cairan dan tekanan darah normal. Brokoli juga mengandung bahan baku produksi vitamin A di dalam tubuh. Nah Moms bisa mengkreasikan hidangan dari brokoli ya, seperti sebagai hidangan pasta dan hidangan tumis, dikukus dan diberi minyak zaitun sedikit, dihaluskan dan ditambahkan ke sup atau panggang.

Sumber : Freepik

Kelima, Keju. Makanan khas dari negara Belanda yang satu ini bisa menjadi pilihan Superfoods, Moms! Kandungan kalsium, fosfor, dan magnesium dalam keju befungsi untuk tulang ibu dan juga bayi. Ditambah lagi dengan vitamin B12 dan protein. Moms bisa menikmatinya sebagai camilan dengan biskuit gandum atau buah, ditaburkan di atas sup, dalam salad, sandwich atau omelet.

Sumber : Freepik

Keenam, Telur. Manfaat dari mengkonsumsi telur sangatlah besar. Telur menyediakan protein yang tinggi, karena telur mempunyai asam amino yang dibutuhkan ibu dan anak untuk berkembang. Telur juga mengandung vitamin dan mineral seperti kolin, lutein, dan zeaxanthin. Dalam telur juga memasok lemak omega-3 yang dibutuhkan bayi untuk perkembangan otak dan penglihatan. Moms bisa mengkreasikan menu ini bukan? Banyak resep untuk membuat hidangan yang lezat dari bahan ini.

Sumber : Freepik

Terakhir, Susu. Tak perlu diragukan lagi Superfood yang satu ini. Susu adalah sumber utama kalsium, fosfor, dan vitamin D yang sangat baik untuk menutrisi pembentuk tulang yang ibu hamil dan bayi butuhkan. Susu juga mengandung vitamin A, vitamin B, dan protein.

Nah, itulah rekomendasi Superfood sehat untuk para Supermom. Mana yang menjadi menu favoritmu Moms?

Bagikan yuk!

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *