Seru Belajar Kebiasaan Baru Bersama Kemdikbud RI

Seru Belajar Kebiasaan Baru Bersama Kemdikbud RI

Farenting.com¬†–¬† Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat gebrakan untuk mengatasi kebosanan anak selama sekolah dari rumah. Dengan tujuan untuk membangkitkan semangat belajar siswa selama dirumah, webinar (25/7) diadakan bersama sejumlah narasumber inspiratif dengan tema Seru Belajar Kebiasaan Baru. Webinar kali ini khusus membahas tentang bagaimana kiat-kiat agar anak tetap memiliki semangat belajar walaupun pada masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Webinar dilaksanakan secara live melalui aplikasi zoom meeting dan live pada kanal Youtube Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI. Menghadirkan 5 narasumber inspiratif, yaitu Chatarina Muliana Girsang selaku Inspektur Jenderal Kemdikbud, Hendarman Kepala Pusat Penguatan Karakter, Lilis Ratnasari Kepala SDN 007 Cipaganti, Bandung dan Zahwa Diva Aulia sebagai perwakilan siswa SMA Negeri 1 Palu. Dipandu oleh presenter Akhmad Fadil dan Sri Lestari Yuniarti sebagai moderator dan Analis Pusat Penguatan Karakter Kemdikbud.

Acara dimulai dengan pemaparan dari Chatarina tentang bantuan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) kepada sekolah-sekolah terintegrasi yang masih menerapkan sistem belajar di rumah. Ia menjelaskan secara rinci tentang syarat-syarat sekolah yang mendapatkan bantuan serta komponen untuk mengalokasikan dana tersebut.

Sumber: Webinar Seru Belajar Kebiasaan Baru

Lilis berkata bahwa terdapat banyak kendala yang dialami baik dari sekolah maupun siswa dalam menghadapi masa PJJ ini. Dari situ ia membuat berbagai program yang dapat menunjang terciptanya suasana belajar mengajar yang tetap seru. Salah satunya adalah dengan mendidik guru berupa pelatihan di bidang IT. Agar proses belajar jarak jauh menjadi efektif dilakukan selama masa pandemi belum berakhir.

‚ÄúSebelum ke siswa, perlu pengajaran guru terlebih dahulu, terutama di bidang IT. Agar dapat memanfaatkan bantuan dana BOS tadi dan proses belajar-mengajar menjadi efektif,‚ÄĚ ujar Lilis Ratnasari, ketika menjelaskan tentang cara menumbuhkan anak senang belajar.

Video pembelajaran dinilai Lilis adalah cara yang dinilai akan efektif jika mampu terlaksana. Pasalnya, masih banyak guru yang saat ini hanya mengandalkan video dari Internet atau Youtube. Cara ini dinilai Lilis kurang efektif karena siswa tidak dapat melihat guru mereka sendiri dalam video yang dipelajari dan belum tentu sesuai dengan kebutuhan materi siswa.

‚ÄúFaktor terbesar yaitu adalah keterlibatan orangtua,‚ÄĚ jelas Lilis. Orangtua harus mampu membimbing secara langsung agar materi dapat dipelajari secara sempurna. Demi melancarkan komunikasi dengan orangtua, SDN 007 Cipaganti membuat grup Whatsapp khusus untuk orangtua dan wali kelas. Serta mengadakan¬†meeting online¬†satu bulan sekali untuk bisa memantau perkembangan siswa.

Untuk membangkitkan lagi senangnya anak belajar, yaitu dengan tidak membebani siswa. Belajar dari rumah harus memberikan pengalaman belajar yang bermakna. Ia mengatakan banyak orangtua yang mengalami kendala dalam membimbing anak belajar dari rumah. Adapula siswa yang tidak mempunyai alat komunikasi untuk mengikuti pembelajaran daring. Maka dari itu pihak sekolah memfasilitasi siswanya dengan cara home visit setiap seminggu sekali, agar siswa tersebut tetap mendapatkan haknya untuk belajar.

Baca Juga:  Festival Gembira di Rumah Sambut Hari Anak Nasional 2020

Peran guru di sekolah harus mampu digantikan oleh orangtua di rumah. Bimbingan oleh orangtua pun tidak hanya sebatas materi pembelajaran, tetapi juga bimbingan karakter siswa yang biasanya diterapkan di sekolah. Hal-hal sederhana seperti membaca doa sebelum belajar akan sangat bermanfaat dalam pembentukan karakter siswa.

Lilis juga menjelaskan pentingnya memberikan apresiasi kepada orangtua dalam membimbing anak dirumah. Guru dapat memberikan penghargaan berupa ucapan selamat atau terimakasih kepada orangtua agar mereka tetap semangat dalam membimbing anak selama masa PJJ.

Sumber: Webinar Seru Belajar Kebiasaan Baru

Tak ketinggalan, Akhmad Fadli selaku presenter juga membagikan pengalamannya sebagai guru untuk anaknya selama masa PJJ. Pentingnya kerjasama antara Ayah dan Ibu dalam memantau kegiatan belajar anak harus saling bersinergi. Dan kerjasama tiap anggota keluarga agar dapat saling mendukung di rumah demi terciptanya suasana belajar yang harmonis. Fadli tak lupa memberikan trik khusus agar suasana belajar di rumah tidak terlalu jenuh. ‚ÄúKalau belajarnya sudah terlalu cape, bisa istirahat dulu nyemil-nyemil sehat. Setelah itu baru lanjut belajar lagi,‚ÄĚ ujarnya.

Ia juga memberikan semangat kepada para orangtua hebat di seluruh Indonesia agar tetap semangat membimbing dan membina anak di rumah. Ciptakan suasana belajar seru dan menyenangkan. Ingat ya Fams, jangan memaksakan dalam hal belajar. Buat cara-cara kreatif agar si kecil semangat untuk belajar bersama di rumah!

Bagikan yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *