Saling Dukung, Kunci Membangun Hubungan Harmonis

Saling Dukung, Kunci Membangun Hubungan Harmonis

farenting.com

Farenting.com – Keluarga harmonis bisa dikatakan sebagai keluarga yang selalu memahami kekurangan masing-masing, saling menghargai kepribadian satu sama lain, saling dukung, serta mengatasi masalah bersama dengan rukun. Setiap pasangan pasti memimpikan hubungan yang harmonis. Pertanyaan yang sering dilontarkan seperti, seberapa besar dukungan Anda kepada pasangan? Jawaban ini penting untuk untuk mengetahui apakah pasangan bersungguh-sungguh dalam memperhatikan Anda.

Tak hanya soal karier, tetapi mendukung pasangan jika ada kegiatan lain yang berpengaruh positif. Dikutip dari psikologikita.com, pasangan suami istri sesekali menghabiskan waktu berdua, tanpa anak dan gawai, diperlukan untuk menumbuhkan romantisme antar pasangan. Luangkan waktu untuk berkomunikasi. Tingkatkan kemampuan komunikasi pasangan dengan lebih banyak mendengar dalam keadaan emosi yang sedang tenang. Selain itu, perhatikan bahasa tubuh (non verbal) dari pasangan, seperti nada suara, kontak mata, jarak berbicara dan sebagainya. Bahasa tubuh ini memberikan kita lebih banyak informasi dibandingkan hal yang sedang dibicarakan.

Untuk pasangan yang sudah dikaruniai anak, kadang tak ada waktu untuk bemesraan. Mereka disibukkan dengan mengurus anak, urusan rumah tangga, maupun pekerjaan. Hal-hal seperti inilah yang memicu hubungan antar suami-istri menjadi tidak harmonis. Memang ada saja rintangan atau ada hal-hal yang tidak sesuai harapan. Namun, keharmonisan hubungan dapat diwujudkan dengan beragam cara.

Salah satu penerima gelar Perempuan Inspiratif Malang 2018, Efrida Hartini aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Dirinya salah satu orang yang sangat peduli dengan sampah rumah tangga di kota Malang. Salah satunya yang hingga kini masih berjalan yaitu Bank Tani Sayur Organik dan Bank Sampah Eltari. Efrida bersama suaminya, Yusuf Karyawan sering menghabiskan waktu bersama untuk mendukung kegiatan satu sama lain. Mereka membangun keluarga kecilnya dengan harmonis selama 27 tahun ini dan memiliki 3 orang anak.

Menuju keluarga harmonis tentu tidak selamanya berjalan dengan mulus. Ada kalanya mereka berselisih paham. Ia menceritakan permasalahan itu sudah lama. ketika mau membuka usaha dengan modal yang mereka kumpulkan bersama, ternyata uang modal usaha mereka dibawa kabur oleh teman Yusuf. “Namanya hubungan suami-istri pasti ada berantemnya, sudah lama waktu uang modal usaha dibawa kabur teman suami, tetapi sudah kita ikhlaskan,” ungkap Efrida.

Efrida membagikan rahasia hubungan harmonisnya bersama Yusuf, dengan menerima kekurangan pasangan. Apapun itu harus diterima dengan ikhlas. Selain itu, mengakui kelebihan pasangan juga termasuk membangun hubungan harmonis versi Efrida. Tak lupa meminta maaf dan saling memberikan kecupan, serta tak lupa membuat panggilan sayang, seperti “say” misalnya. Dan yang paling penting jangan cangguh jika meminta untuk berhubungan badan, Fams.

Berikut Tips Menjaga Keharmonisan Suami-Istri, yang dikutip dari klikdokter.com :

Tetap komunikasi

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, salah satu cara menjaga keharmonisan dengan suami adalah tetap berkomunikasi.

“Jika Anda adalah tipe orang yang memilih untuk diam dan menyimpan perasaan dalam hati, segera ubah kebiasaan ini. Komunikasi adalah kunci utama dalam sebuah hubungan,” tegas dr. Dyan. Ia menambahkan, jika Anda merasa hubungan mulai renggang dan tidak seharmonis dulu, jangan hanya disimpan. Komunikasikan apa saja yang ada di hati Anda dengan pasangan.

Ajak pasangan berbicara empat mata, dan pastikan Anda maupun pasangan sedang berada dalam mood yang bagus. Hindari membuka pembicaraan saat sedang emosi atau lelah karena pekerjaan di kantor maupun di rumah.

Curi momen berdua

Agar hubungan tetap mesra, penting bagi setiap pasangan meluangkan waktu hanya berdua. Meski hanya satu atau dua jam, momen ini bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan kedekatan yang mungkin hilang karena kesibukan masing-masing.

Anda bisa makan malam bersama di dapur setelah menidurkan anak. Anda juga bisa pergi nge-date dan minta tolong orang tua, mertua, atau pengasuh anak untuk menjaga anak selagi Anda pergi dengan pasangan.

Liburan berdua 

Jika sekiranya si Kecil sudah bisa ditinggal dalam waktu yang cukup lama, tidak ada salahnya Anda dan pasangan menghabiskan waktu berdua untuk liburan. Pilihlah destinasi yang Anda dan pasangan sukai.

Nikmatilah waktu berdua sambil membicarakan hal-hal yang membuat bahagia. Tak ada salahnya juga merefleksikan kehidupan pernikahan yang sudah dilalui dan membicarakan rencana-rencana ke depannya.

Baca Juga:  Orangtua Bercerai Tetap Harus Kompak Demi Anak

Tetap rutin berhubungan intim

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kedekatan dengan pasangan adalah berhubungan seks. Rutin berhubungan seks dipercaya mampu meningkatkan kembali kedekatan yang mungkin telah hilang. Bahkan, berhubungan seks bisa mencegah hubungan Anda tidak harmonis bersama pasangan.  Kondisi ini juga berlaku pada pasangan yang baru menikah, maupun pada pasangan yang sudah lama menikah. Tips dari alodokter.com, menjaga hubungan seksual agar hubungan dengan pasangan tetap harmonis, bisa dicoba beberapa cara ini :

  1. Mencoba hal baru

Berdasarkan penelitian, makin tua usia pernikahan, maka pasangan suami-istri cenderung melakukan hubungan seks yang standar. Anda dapat mencoba hal baru dalam berhubungan seks dengan niat untuk mengubah rutinitas. Walau rasanya malu, tidak ada salahnya, lho terbuka mengenai fantasi seks Anda ke pasangan. Menurut para ahli, perubahan kecil yang dilakukan akan memberikan dampak besar bagi hubungan Anda, agar keharmonisan tetap terjaga.

  1. Menghabiskan malam di luar rumah

Sesekali makan malam berdua dengan ditemani cahaya lilin yang romantis dapat menjadi pilihan dalam mengembalikan suasana rumah tangga harmonis. Pilihlah restoran yang nyaman dan santai.

  1. Menata ulang kamar tidur

Ubah dekorasi kamar Anda untuk mendapatkan suasana dan semangat bercinta yang baru. Tidak perlu dengan biaya mahal. Menata ulang kamar sudah cukup menyenangkan untuk dilakukan bersama. Anda bisa mengganti seprai dengan motif yang berbeda dan menyalakan lilin aromaterapi. Bereskan barang-barang yang membuat kamar terlihat berantakan, seperti mainan anak atau baju kotor.

  1. Sampaikan keinginan Anda dan tanyakan keinginan pasangan

Tiap orang memiliki keinginan dan fantasi yang berbeda-beda dalam hal seks. Para ahli menganjurkan agar Anda menyampaikan keinginan itu kepada pasangan untuk mendapatkan kehidupan percintaan yang lebih segar.Sebaliknya, tanyakan juga keinginan pasangan. Sama seperti Anda, mungkin dia memiliki fantasi yang ingin dilakukan, tetapi belum mampu menyampaikan atau menanyakannya.

  1. Saling pengertian

Pasangan suami-istri harus saling pengertian terhadap kondisi seks pasangannya, terutama ketika usia pernikahan sudah lama. Akan ada banyak hal yang berbeda dibandingkan saat awal pernikahan.Sebagai contoh, kadar testosteron pada pria berusia 30-an akan terus menurun sebanyak 1 persen tiap tahun. Makin tua usianya, maka pria akan makin membutuhkan waktu lebih lama untuk ereksi secara penuh.Pada wanita, makin mendekati menopause, kadar estrogen kian menurun sehingga gairah seksual pun menurun dan vagina mungkin menjadi lebih kering.

Nah Fams, mari bangun hubungan keluarga Anda menjadi harmonis. Apalagi keadaan pandemi ini yang mengharuskan semuanya Work From Home. Manfaatkan waktu Anda bersama pasangan untuk lebih mengenal satu sama lain.

Bagikan yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *