Pentingnya Makanan Pendamping ASI

Pentingnya Makanan Pendamping ASI

sumber: okezone.com

Farenting.com – Tahukah Moms mulai dari usia berapa anak perlu diberikan makanan tambahan selain ASI? Masih banyak yang tidak mengetahui istilah Makanan Pendamping ASI (MPASI). Gizi adalah kebutuhan pokok baik bagi Ibu maupun anak. Banyak Moms yang masih takut untuk mulai memberikan makanan kepada buah hati karena masih terbiasa dengan ASI. Tak jarang banyak anak yang terlambat tumbuh kembangnya karena banyak alasan, seperti ibu terlalu dini memberikan bubur bayi atau justru terlalu takut untuk memulainya.

Sebuah jurnal kesehatan yang ditulis oleh Yulia Safitri dengan judul Makanan Pendamping Asi menjelaskan bahwa masih banyak ibu yang ternyata memberikan bubur bayi kepada anak yang masih berumur dibawah 5 bulan. Hal ini akan menghambat tumbuh kembang anak karena di usia ini anak masih memerlukan pemberian ASI Eksklusif.

Hal serupa dijelaskan dari jurnal yang ditulis oleh Tutik Ekasari. Kondisi sosial dan budaya masyarakat Indonesia dengan tradisi pemberian makanan kepada bayi berusia dibawah 6 bulan sudah mendarah daging. Dan hal tersebut juga dikarenakan dukungan keluarga yang kebanyakan mendorong ibu untuk melakukan hal tersebut.

Sesuai dengan yang tertera pada website resmi Kementerian Kesehatan promkes.kemkes.go.id, MPASI mulai diberikan pada bayi saat berusia >6 bulan. MPASI penting diberikan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bayi yang semakin bertambah seiring pertumbuhannya. Berikut ini adalah beberapa informasi penting yang harus Ibu ketahui mengenai waktu dan jenis MPASI yang harus diberikan kepada bayi sesuai dengan usia dan batas pemberiannya.

Waktu dan jenis MPASI untuk bayi yang berusia 6-9 bulan. Jika ibu memiliki bayi berusia sekitar 6-9 bulan, maka MPASI sudah dapat diberikan untuk memperkenalkan berbagai makanan selain ASI yang dapat dikonsumsi setiap hari. Pada tahap pengenalan ini, ibu dapat memberikan makanan dengan tekstur yang lembut dan lunak agar mudah dikonsumsi dan dicerna oleh bayi, misalnya bubur susu dan bubur saring.

Waktu dan jenis MPASI untuk bayi yang berusia 9-12 bulan dan diatas 12 bulan. Pada usia 9-12 Bulan dan > 12 Bulan, bayi sudah lebih mengenal variasi makanan dan indera pengecapannya pun sudah semakin terlatih. Pada usia tersebut, bayi dapat mulai diberikan makanan dengan tekstur sedikit kasar dengan cara dicincang halus. Ibu dapat mencoba memberikan beberapa jenis makanan, tetapi tetap harus memperhatikan nutrisi dan gizinya.

Bahkan World Health Organization (WHO) juga menyarankan agar pemberian MPASI diberikan kepada bayi saat ia berusia 6 bulan.

Nah, bagi Moms yang masih bingung harus memberikan makanan apa sebagai pendamping ASI anak, berikut adalah rekomendasi makanan yang bisa Moms berikan seperti dikutip dari alodokter.com.

Makanan sederhana di sini maksudnya adalah makanan yang dibuat hanya dari satu bahan tanpa tambahan gula atau garam. Disarankan untuk menunggu 3-5 hari sebelum mengenalkan makanan baru berikutnya. Dengan begitu, jika Si Kecil mengalami reaksi berupa muntah, diare atau alergi, orang tua dapat mengenalinya dan tidak lagi memberikan jenis makanan tersebut kepadanya.

Baca Juga:  Moms, Ketahui Penyebab Keguguran dan Cara Mencegahnya

Sereal. Makanan pendamping ASI lainnya yang bisa diberikan kepada bayi adalah sereal khusus bayi. Sereal ini merupakan makanan yang menjadi pilihan banyak orang tua. Cara membuatnya cukup dengan mencampurkan sesendok makan sereal dengan 60 ml (4 sendok makan) ASI atau susu formula.

Bubur, daging, sayur, atau buah. Pada saat bayi sudah akrab dengan makanan pendamping ASI, orang tua bisa mulai memperkenalkan bubur yang terbuat dari daging, sayur atau buah. Pengenalan bubur jenis ini pun sebaiknya dilakukan secara bertahap.  Agar bayi tidak kaget, variasikan pemberian bubur yang terbuat dari daging, sayur atau buah tiap lima kali penyajian. Sebaiknya bubur yang disajikan tidak mengandung garam atau gula.

Makanan yang dicincang halus. Mayoritas bayi yang berusia 8-10 bulan sudah bisa mengonsumsi makanan padat yang dicincang halus dalam porsi mini. Beberapa makanan yang bisa disajikan dengan cara ini adalah buah-buahan yang bertekstur lembut, sayuran, pasta, keju, dan daging matang.

Makanan yang mengandung zat besi dan zinc. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Jadi, jangan lupa untuk memberikan si kecil makanan pendamping ASI yang mengandung kedua nutrisi ini, misalnya daging, telur, ikan, dan kacang merah.

Nah, jadi Moms tidak perlu lagi bingung kapan waktu yang tepat untuk memberikan MPASI kepada anak yang menginjak usia 6 bulan.

Bagikan yuk!

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *