Moms, Ini Kiat-kiat Membiasakan Makanan Sehat untuk Keluarga

Moms, Ini Kiat-kiat Membiasakan Makanan Sehat untuk Keluarga

Farenting.com – Tak dapat dipungkiri bahwasanya makanan merupakan faktor penunjang yang sangat penting dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Sayangnya banyak keluarga yang tidak terlalu memerhatikan asupan yang akan dimakan, sehingga terbentuk pola konsumsi yang sembarangan dan biasanya serba instan. Padahal jika dipersiapkan dengan baik, Moms bisa memberi asupan yang lebih sehat dan bergizi bagi anggota keluarga.

Dalam jurnal kesehatan karya Yessica Dewi dijelaskan bahwa makan makanan sehat merupakan perilaku konsumsi beberapa variasi makanan yang direkomendasikan meliputi karbohidrat, buah dan sayur, protein, lemak, dan berlaku secara universal. Jadi setiap orang dari berbagai rentang usia membutuhkan asupan yang sama, hanya saja takarannya yang berbeda-beda

Makanan yang sehat memiliki banyak manfaat, mulai dari membentuk badan yang ideal, mengurangi berbagai risiko penyakit, menjaga kecantikan kulit, menguatkan gigi dan tulang, dan masih banyak lagi. Namun, meski sudah mengetahui manfaatnya, terkadang Moms terlalu sibuk untuk urusan lainnya sehingga menghidangkan sajian apa adanya. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, Moms boleh mecoba kiat-kiat berikut ini.

Pertama, catat dan jadwalkan menu makanan untuk seminggu. Salah satu cara yang ampuh untuk membentuk kedisiplinan adalah dengan mencatatnya. Moms tidak harus menuliskan dengan lengkap atau terlalu mendetail tentang makanan apa yang akan dimasak. Cukup tuliskan list apa saja makanan sehat, seperti misalnya biji-bijian, sayur mayur, daging, telur, ikan, dll. Setelah itu urutkan mulai dari hari Senin sampai dengan Minggu. Moms juga bisa mengajak anggota keluarga dalam Menyusun list makanan untuk seminggu. Dengan begitu rencana untuk memakan makanan sehat bisa menjadi komitmen yang akan diwujudkan bersama.

Kedua, masak makanan dengan cara yang sehat. Makanan sehat tidak hanya dilihat dari kandungan gizi yang dimiliki, tetapi juga dilihat dari bagaimana cara mengolahnya. Memasak makanan dengan cara menggoreng sebaiknya dihindari. Hal ini karena minyak panas dapat merusak zat-zat penting, seperti misalnya protein dalam daging. Selain itu, masakan yang digoreng juga memiliki kadar kolestrol tinggi dan kalori berlebih. Hal ini tentu bisa memicu berbagai komplikasi penyakit. Oleh karena itu, usahakan untuk mengolah makanan dengan cara yang lebih sehat seperti merebus, mengukus, atau memanggangnya. Dengan demikian zat penting dari makanan masih bisa diserap tubuh dan risiko penyakit bisa dihindari.

Ketiga, Moms sebaiknya meresepkan bumbu sendiri. Saat ini sudah terdapat beragam bumbu instan yang dijual di warung-warung atau supermarket. Fenomena ini tentu membuat tradisi menyiapkan sendiri bumbu dari rempah dan bahan alami mulai berkurang. Padahal menyiapkan bumbu secara manual tentu akan menjadikan makanan terasa lebih khas, sedap, dan yang terpenting bisa lebih menyehatkan.

Keempat, pastikan buah dan sayuran tersedia di kulkas atau dapur. Selain mengonsumsi makanan berat tiga kali sehari, tak ada salahnya Moms menyediakan camilan. Eits, tapi camilan yang diberikan bukan yang asal kenyang ya! Bila perlu singkirkan camilan tidak sehat seperti kue manis, gorengan, keripik, atau jenis snack yang minim gizi. Gantilah camilan keluarga dengan konsumsi buah. Misalnya buah pisang, anggur, apel, alpukat, dan sebagainya. Begitu pun sayuran, terdapat banyak jenis sayur yang bisa dilahap meskipun tanpa dimasak, seperti terong, kol, kacang Panjang dan sebagainya.

Baca Juga:  Cegah Osteoporosis Sejak Dini

Jikalau bosan dengan sajian yang biasa saja, Moms bisa juga mengkreasikan buah atau sayuran tersebut menjadi makanan atau minuman yang lebih menarik. Seperti membuat jus, rujak, smoothie, salad, ataupun kreasi lainnya. Buah dan sayuran memiliki kandungan manfaat yang berbeda-beda dan bisa dibandingkan dari segi warnanya (fitonutrien). Berikut ini pembagian fitronutrien dari masing-masing warna seperti dilansir dari nutrilite.co.id

  • Hijau: Berguna untuk memelihara kadar kolestrol, Kesehatan sel tubuh, mata, serta tulang dan jantung.
  • Kuning/ jingga: Bagus untuk kesehatan mata, kulit, jantung, serta menjaga daya tahan tubuh.
  • Ungu/biru: Bagus untuk menjaga kesehatan jantung, kulit, dan pencernaan.
  • Putih: Untuk menjaga kesehatan jantung, menjaga kolestrol dan pembuluh darah.
  • Merah: Berguna untuk memeliharan kesehatan prostat, paru-paru, organ pencernaan, serta sel-sel lainnya dalam tubuh.

Kelima, sajikan susu rendah lemak dan gula. Protein, kalsium dan zat-zat lain yang terdapat dalam susu sangat bermanfaat, terutama bagi tumbuh dan kembang anak. Bagi orang dewasa, susu bisa membangkitkan semangat dan mempertahankan kekuatan tulang dan gigi, serta menjaga daya tahan tubuh seiring dengan pertamabahan usia. Usahakan untuk tidak menambahkan gula untuk menghindari komplikasi penyakit atau obesitas.

Nah, itu dia Moms kiat-kiat yang bisa dicoba untuk menjamin keluarga mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Jangan sampai asupan keluarga dibuat tanpa memerhatikan apakah kandungan gizinya sudah terpenuhi atau tidak. Selamat mencoba, Moms!

Bagikan yuk!

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *