Mewarnai, Kegiatan yang Dapat Tingkatkan Motorik dan Kreativitas Anak

Mewarnai, Kegiatan yang Dapat Tingkatkan Motorik dan Kreativitas Anak

sumber: pexels.com

farenting.com โ€“ Salah satu kegiatan sederhana yang menyenangkan bagi anak yaitu mewarnai, ternyata punya banyak manfaat, lho. Mewarnai bukan hanya menyenangkan, namun dapat membantu anak berkembang secara kognitif dan psikologis. Kegiatan ini sangat digemari oleh anak usia dini. Anak dapat bebas berkreasi mengembangkan kreativitasnya dengan memilih-milih warna sesuai keinginannya yang mungkin berbeda dengan pilihan temannya. Apa saja manfaatย  mewarnai untuk anak?

Mewarnai dapat dilakukan dengan berbagai alat sesuai keinginan anak. Bisa dengan krayon, spidol warna, atau cat air. Objek yang diwarnai juga beragam, saat ini sangat mudah ditemukan buku mewarnai yang dijual bebas di toko offline maupun di e-commerce dengan berbagai macam pola. Mulai dari pola tumbuh-tumbuhan, hewan-hewan, makanan, kendaraan, dan lain-lain. Atau dengan cara diawali dengan cara si kecil menggambar terlebih dahulu sebelum di warnai.

Dilansir dari Jurnal yang ditulis oleh Aisyah mengatakan, bila diberikan gambar-gambar yang sangat menarik sesuai pilihan mereka akan lebih merangsang kreativitasnya.ย  Mewarnai dapat menumbuhkan kreativitas dan pengetahuan visualnya. Memunculkan imajinasi dan memberikan inspirasi kepada anak untuk lebih mengeksplor warna-warna yang belum diketahuinya. Dari percampuran dua warna primer saja dapat menghasilkan warna baru. Misalnya, saat warna merah dicampur warna kuning akan menghasilkan warna orange. Anak juga bisa mencoba mengembangkan kreativitasnya dengan membuat gradasi warna.

Menurut Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang ditulis oleh Nani Husnaini dan Jumrah dari Universitas Islam Negri Mataram mengatakan, kegiatan mewarnai dapat memberikan ragam stimulasi pada perkembangan anak usia dini. Anak dapat mengembangkan motorik, khususnya motorik halus. Saat mewarnai anak akan berlatih untuk memegang alat pewarna seperti krayon, spidol warna atau dengan pensil anak dapat menggambar pola sederhana. Gerakan dan pegangan yang tepat pada saat mewarnai dapat membantu perkembangan otot jari, tangan dan pergelangan tangan. Perkembangan motorik halus ini dapat membantu anak untuk mahir dalam menulis dan dikemudian hari memungkinkan anak dapat menjadi juru ketik. Motorik halus dapat meningkatkan meningkatkan anak terampil dalam berolahraga.

Mewarnai dapat melatih fokus pada anak. Fokus adalah salah satu pelajaran penting yang didapatkan dari kegiatan ini. Ketika ia melakukan kegiatan mewarnai, anak akan terfokus pada gambar yang akan diwarnainya dan memikirkan apakah warna yang dipilihnya sudah tepat. Anak yang saat usia dini sudah diperkenalkan dengan kegiatan mewarnai akan tumbuh menjadi anak yang memiliki konsentrasi dan keterampilan fokus yang baik. Kemampuan konsentrasi ini sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan tugas-tugas yang lebih rumit, seperti matematika. Dari mewarnai, dapat membantu anak untuk menambah pengetahuannya seperti mengenal garis, mengenal bentuk, dan mengenalkan berbagai macam warna yang ada di dunia.

Baca Juga:  Cara Mengasah Sensorik dan Motorik Anak Usia 4-8 bulan

Tidak hanya itu saja, dari mewarnai dapat mengajarkan anak tentang apa itu kesabaran dan kepercayaan diri. Hal ini memungkinkan anak merasa nyaman dan rileks. Sebelum mewarnai didahului dengan menggambar dan saat proses mewarnai tetap harus memperhatikan aturan yaitu warna tidak boleh keluar garis. Kemudian memikirkan warna apa yang sesuai dan berusaha mewarnai hingga selesai. Saat anak dapat menyelesaikan gambar yang telah diwarnai, dapat membangun rasa percaya diri dan harga dirinya. Mewarnai secara teratur dengan hasil yang memuaskan dapat meningkatkan rasa prestasi dan menumbuhkan rasa bangga pada dalam dirinya.

Nah, Fams sudah tau kan begitu banyak manfaat yang di dapat ketika anak melakukan kegiatan sederhana ini yaitu mewarnai. Mulai dari perkembangan motorik halusnya hingga mengembangkan kreativitas anak, serta melatih konsentrasi dan memberikan rasa percaya diri kepada anak. Biarkanlah anak berekspresi dan mengeksplor dengan gambar yang ia pilih untuk diwarnai.

Bagikan yuk!

4 Komentar

  • Menggambar dan mewarnai menjadi salah satu hobi mayoritas semua anak, nggak nyangka punya banyak manfaat. nice info min.

    Balas
  • Terkadang mewarnai dianggap sebagai hal sepele, jadi informasi ini sangat penting ๐Ÿ‘

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *