Metode Persalinan Modern Ibu Keren

Metode Persalinan Modern Ibu Keren

Farenting.com –  Melahirkan seorang bayi merupakan impian bagi setiap Moms di dunia ini. Momen sakral penuh suka dan duka ini menjadi hari pembuktian Moms menjadi seorang ibu. Kini tak perlu bersakit-sakit dahulu untuk bisa melahirkan, lho Moms. Ada berbagai macam metode persalinan modern yang bisa dicoba. Apa saja dan bagaimana caranya?

Sejalan dengan perkembangan zaman yang kian pesat, metode persalinan ibu hamil semakin bervariasi. Jika diingat dahulu harus bersakit-sakit melahirkan secara tradisional lewat dukun beranak, kini melahirkan banyak macam pilihannya yang bisa moms pilih sesuai keinginan dan kondisi kehamilan. Tetapi, Moms harus tetap berkonsultasi dengan dokter ya.

Saat ini, para moms banyak memilih melahirkan secara kekinian. Bukan lewat persalinan caesar atau normal. Kini trend persalinan Water Birth dan Hypnobirthing menjadi primadona baru bagi para moms yang ingin melahirkan bayi. Ternyata cara-cara ini juga dipakai oleh para selebriti tanah air, lho.

Jauh-jauh hari sebelum hari persalinan dilakukan, Moms harus menyiapkan dan memilih metode mana yang ingin dipakai untuk melahirkan. Berikut beberapa jenis metode persalinan yang bisa moms pilih menurut dr. Agustina Nurmala, Sp.OG.

Water Birth

Pertama adalah dengan menggunakan metode Water Birth, metode ini banyak digunakan saat ini. “Water Birth adalah metode melahirkan secara normal di dalam bak atau kolam yang berisi air. Banyak riset yang saya baca mengatakan Water Birth ini dapat mengurangi nyeri saat kontraksi. Cara persalinan ini sedang populer saat ini”, tutur dr. Agustina saat dihubungi secara daring. Moms akan merasa nyaman karena dalam persalinan Water Birth mempunyai daya relaksasi dari air hangat, daya apung dalam air inilah yang mengurangi tekanan, sehingga Moms bisa bergerak lebih ringan di air.

Metode Water Birth telah banyak dipraktekkan di negara-negara maju seperti Inggris, Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan New Zealand. Kemudian di Indonesia sendiri persalinan dengan menggunakan metode ini masih cukup baru dan mulai banyak dipilih dan dilirik para Moms untuk melahirkan anaknya.

Menurut jurnal penelitian Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana terdapat 2 jenis persalinan Water Birth yaitu Water birth murni, yang merupakan metode persalinan dimana ibu masuk ke kolam tempat persalinan setelah mengalami pembukaan 6 sampai proses melahirkan terjadi. Kemudian ada Water birth emulsion, yaitu metode persalinan dimana ibu hanya berada di dalam kolam tempat persalinan hingga masa kontraksi (kala I persalinan) berakhir. Proses melahirkan tetap dilakukan di tempat tidur.

Sebenarnya metode persalinan ini mirip dengan persalinan normal seperti biasa. Namun, dimodifikasi tempat melahirkannya saja yaitu dilakukan di dalam air. Moms akan berendam di dalam bak atau kolam yang berisi air hangat. Keuntungan menggunakan metode ini adalah mengurangi rasa nyeri hebat pada moms saat melahirkan. Bagi bayi juga bermanfaat karena akan langsung bersentuhan dengan air hangat. Bayi akan merasa tenang sebab merasa seperti masih dikelilingi cairan ketuban dalam kandungan. Moms juga harus mempertimbangkan lagi karena metode ini bisa membuat anak mudah terkena infeksi, susah bernafas, atau suhu tubuhnya menjadi rendah.

Baca Juga:  Manfaat Mendengarkan Lantunan Al-Qur’an untuk Bumil
Hypnobirthing

Kedua menggunakan metode Hypnobirthing. Saat ini, tren metode ini sedang ramai diperbincangkan dan juga dipilih para Moms. Terkhusus bagi para Moms yang baru pertama kali melahirkan atau penakut. Klaim dari metode ini adalah akan membuat melahirkan dengan tenang, nyaman, dan tidak sakit. Salah satu selebritis sekaligus presenter senior Nadia Mulya saja pernah mencoba metode ini, lho Moms. Bagaimana sebenarnya Hypnobirthing itu?

“Hypnobirthing adalah metode melahirkan yang dibantu dengan metode hipnosis. Sehingga ibu tidak cemas berlebih akan rasa sakit yang ditimbulkan ketika melahirkan”, ucap dr. Agustina. Menurut jurnal kesehatan Hypnobirthing merupakan praktik hipnosis terhadap diri sendiri (self-hypnosis) yang bertujuan membantu calon ibu melalui masa kehamilan dan persalinannya dengan cara alami, aman dan nyaman, mengatasi rasa takut dan sakit.

Proses Hypnobirthing ini didasari oleh kekuatan sugesti para Moms. Sugestinya bisa lewat musik atau video yang merelaksasi pikiran. Hal ini dapat dilakukan saat usia kehamilan 32 minggu keatas dan ibu bisa melahirkan normal. Secara sederhana metode ini menggunakan hipnosis dan teknik relaksasi. Dua hal itu bisa membantu Moms dalam mengatasi kecemasan, ketakutan, rasa tegang, hingga pikiran rasa sakit saat melahirkan. Metode ini akan membuat Moms bisa mengendalikan diri. Keuntungan memilih metode ini adalah Moms lebih rileks, mengurangi stress, dan persalinan lebih cepat. Sayangnya, metode ini tak bisa diterapkan di rumah sendirian tanpa bantuan tenaga medis ya, Moms.

Kedua tren metode persalinan diatas hanya khusus bisa dilakukan oleh ibu yang bisa melahirkan normal ya. Bagaimana Moms, tertarik untuk mengikuti tren kekinian para ibu keren lewat persalinan modern? Selamat mencoba!

Bagikan yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *