Mengenalkan Minuman Sehat Jamu Pada Si Kecil Sejak Dini

Mengenalkan Minuman Sehat Jamu Pada Si Kecil Sejak Dini

sumber: jakpost.net

Farenting.com РMinuman, minuman apa yang menjadi icon budaya nusantara yang biasanya dijual keliling dengan cara digendong? Jamu! Minuman dengan kaya manfaat ini memang memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Beberapa orang mendeskripsikan jamu sebagai simbol kekayaan alam Indonesia. Jamu sebagai minuman herbal mengandung berbagai rempah-rempah, akar-akaran, daun-daunan, kunyit batang, dan buah. Tidak sedikit juga yang menggunakan bahan hewani seperti empedu kambing, ular, atau tangkur buaya. Sering juga dicampurkan telur ayam kampung untuk menambah kandungan protein.

Menurut kompas.com jamu merupakan ramuan kesehatan pada zaman dahulu yang dibuat oleh tabib atau tenaga kesehatan di Kerajaan Mataram Kuno yang berpusat di Jawa Tengah. Jamu haruslah dibuat oleh orang-orang terpilih agar manfaat dan rasanya sesuai dan biasanya disuguhkan bagi keluarga kerajaan.

Terinspirasi oleh terpilihnya orang-orang yang membuat jamu sekaligus upaya Pemerintah Kota Batu memperkenalkan Jamu ke Generasi Milenial. Pemerintah Kota menyelenggarakan Festival Jamu Tradisional dan dimenangkan oleh Warti penjual jamu asal Desa Giripurno, Dusun Durek. Warti mengaku sering menerima pesanan jamu untuk anak-anak, maka dari itu jamunya dirasa ramah untuk orang-orang yang baru belajar minum jamu.

Menurut Warti manfaat jamu bagi kesehatan seperti meningkatkan imun, pemeliharaan kesehatan, pemulihan, kebugaran bahkan kecantikan. Memang tidak salah jika ada yang menilai segala yang berasal dari alam lebih baik bagi kesehatan dari pada produk kimiawi. Ditengah dunia yang sedang berlomba-lomba memulai meneliti senyawa terkait pemanfaatan tanaman obat, hingga menghasilkan obat-obatan dan produk-produk berbahan herbal.

Nenek moyang bangsa Indonesia sudah menggunakan senyawa herbal sejak lama sekali hingga kita bisa menikmati seluruh manfaat jamu tersebut kini. Maka dari itu, sudah semestinya nih Moms untuk memperkenalkan jamu ke anak sedini mungkin.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jamu tradisional ini mudah ditemukan disekitar kita, lho. Mulai dari jahe, kencur, kunyit, lengkuas, temulawak, kayu manis dan masih banyak lagi. Bagi Moms tentunya bahan-bahan tersebut sudah tidak asing lagi. Eits, untuk anak-anak tidak ada salahnya menambahkan madu, gula merah atau gula batu agar jamu terasa lebih manis dan nikmat.

Dikutip dari klikdokter.com, Meminum jamu bagi anak sangatlah baik. Namun, ada yang perlu diperhatikan sebelum memberikan jamu kepada anak. Perhatikan dulu usia anak Anda. Sebaiknya tidak memberikan jamu pada bayi di bawah usia 6 bulan. Manfaat jamu jika dikonsumsi bagi anak yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan nafsu makan, meringankan diare, meringankan gejala flu, dan mengurasi rasa nyeri. Berikut jenis dan manfaat jamu bagi anak-anak :

Pertama, Temulawak : Temulawak memiliki manfaat dalam meningkatkan nafsu makan anak. Anda dapat memberikan campuran temulawak dengan air hangat dan madu.

Baca Juga:  Cara Efektif Mencuci Sayur dan Buah Saat Pandemi Corona

Kedua, Jahe : Jahe dipercaya dapat membantu mengatasi masalah pencernaan pada anak. Saat anak sedang mengalami masalah dengan pencernaan, campurkan jahe ke dalam teh atau air hangat dicampur madu.

Ketiga, Kencur : Kencur dapat digunakan jika anak Anda sedang mengalami batuk berdahak. Rasa kencur yang hangat dapat membuat nyaman tenggorokan anak. Agar tidak terlalu pahit, Anda bisa mencampurkan sedikit gula atau madu.

Keempat, Kunyit : Kunyit dapat digunakan jika anak Anda menderita diare. Anda dapat mencampurkan kunyit dengan daun jambu yang sudah dihaluskan dan disaring.

Kelima, Beras kencur : Beras kencur sering kali digunakan untuk meningkatkan nafsu makan anak dan mengatasi batuk. Saat Anda menjumpai situasi ini, beras kencur bisa menjadi obat yang manjur.

Yuk Fams, mulai ajarkan si kecil belajar minum jamu sejak dini ya. Minuman herbal khas Indonesia dapat memberikan begitu banyak manfaat untuk Kesehatan tubuh si kecil. Saat masa pandemi sudah berakhir,fams bisa mengajak keluarga mengunjungi wisata edukasi di Dusun Durek. Pastikan fams juga mencoba  jamu tradisional khas Dusun Durek yang dijamin rasanya nikmat dan menyehatkan.

Kontributor : Nuryaumil Intan Komaria

Penyunting Teks : Aulia Fitria, Adin Damayanti

Ingin menulis artikel di platform kami? Langsung saja kirim artikel Anda ke email admin@farenting.com

Bagikan yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *