Mengenal Gimnastik, Olahraga Asyik untuk Kesehatan Fisik

Mengenal Gimnastik, Olahraga Asyik untuk Kesehatan Fisik

Sumber : nbcnews.com

Farenting.com – Mengajarkan si kecil untuk cinta dengan olahraga haruslah ditanamkan sejak dini. Hal itu bertujuan untuk mendukung kesehatannya dan membantu tumbuh kembangnya. Maka dari itu olahraga sangat baik dikenalkan sedini mungkin. Ada banyak pilihan olahraga yang bisa dilakukan anak-anak. Salah satunya yang sedang populer saat ini, yaitu gimnastik. Olahraga asyik untuk kesehatan fisik. Tertarik untuk mengenalkannya, Fams?

Menurut jurnal dari American Academy of Pediatrics anak yang mengikuti kegiatan olahraga seperti gimnastik akan berkembang kemampuan fisik maupun sosialnya. Gimnastik saat ini menjadi olahraga favorit para anak di beberapa kota besar. Tren kekinian ini juga diikuti beberapa anak selebritis seperti Sydney Azkassyah Yusuf putri pesinetron Cut Tari dan Mikhayla Zalinda Bakrie anak sulung Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie. Yuk kita kupas olahraga kekinian ini. Berikut tim Farenting rangkum seperti yang dilansir dari parenting.firstcry :

Apa itu Gimnastik?

Gymnastic atau gimnastik secara sederhana bisa diartikan sebagai olahraga senam. Program latihan senam ini mencakup semua hal yang menggabungkan kekuatan, kecepatan, kekuatan, koordinasi, fleksibilitas, dan keseimbangan. Olahraga gimnastik membutuhkan ketekunan dan keterampilan yang luar biasa. Gerakan dalam gimnastik juga memadukan kekuatan, kelenturan, kecepatan, dan disiplin.

Jika dalam bayangan Fams olahraga gimnastik hanya cocok untuk para atlet profesional dan bukan untuk anak-anak, sepertinya anggapan itu salah. Justru lewat olahraga ini anak-anak akan mendapatkan keuntungan yang signifikan dengan berlatih senam. Selain menyehatkan fisik mereka dapat mengikuti kompetisi liga besar. Sifatnya yang terorganisir, gimnastik juga menawarkan anak-anak kesempatan yang sangat baik untuk perkembangan fisik, mental, dan sosial. Lewat gimnastik si kecil akan banyak terbantu dalam berbagai hal.

Kapan si kecil boleh mengikuti olahraga gimnastik?

Mengutip dari parenting.co.id Fams bisa mulai mengajak anak berlatih gimnastik mulai usia 2-5 tahun. Anak-anak dibawah usia 6 tahun masih belum siap dengan olahraga yang memiliki banyak aturan seperti sepak bola atau basket. Maka disarankanlah melatih anak untuk gimnastik, sebab di usia 2 tahun anak-anak dianjurkan melakukan gerakan untuk melatih motorik kasar. Seperti melompat, berlari, berguling. Olahraga gimnastik lah jawabannya.

Manfaat Gimnastik untuk Anak

Pertama, Baik untuk kesehatan. Rutin mengikuti senam gimnastik mempunyai manfaat kesehatan bagi anak-anak dari segala usia. Lewat latihan yang teratur, anak akan mengembangkan koordinasi fisik yang sangat baik dan menjaga kesehatan dalam jangka panjang. Olahraga ini juga dapat mencegah penyakit jantung bahkan pengeroposan tulang.

Kedua, Membangun sifat disiplin. Di dalam gimnastik kedisiplinan adalah segalanya dan menjadi aturan penting. Anak-anak harus melakukan gerakan fisik setiap hari atau minggu untuk melakukan prestasi tertentu dalam gerakan. Dalam proses ini, mereka belajar tentang pentingnya fokus, kerja keras, dan dedikasi.

Ketiga, Mengembangkan sportivitas. Meskipun gimnastik olahraga yang dilakukan individu, ini juga melibatkan lingkungan belajar kelompok. Hal ini dapat mengembangkan sportivitas dan hubungan positif antar anak-anak. Contohnya saat mereka saling mendukung teman sebayanya dan belajar tentang persaingan yang sehat. Hal ini juga membantu mereka mengasah keterampilan sosial dengan berinteraksi dengan orang dewasa dan anak-anak lain yang memiliki kemahiran berbeda.

Keempat, Melatih kemampuan sosial anak.  The Gymnastic Academy of Boston mempercayai olahraga ini dapat melatih kemampuan sosial anak seperti mendengarkan orang lain, bergantian giliran, bersikap tenang, mengikuti arahan, dan menghargai orang lain. Semua hal itu karena berlatih di kelas gimnastik bisa memberi kesempatan pada anak untuk saling bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Baca Juga:  Mengenalkan Minuman Sehat Jamu Pada Si Kecil Sejak Dini

Kelima, Membangun keyakinan dan kepercayaan diri. Rasa pencapaian yang diperoleh dari kerja keras olahraga ini sangat membantu dalam membangun kepercayaan diri dan rasa harga diri pada anak. Saat mereka maju, mereka belajar untuk mengatasi tantangan dan mencapai tujuan. Anak-anak juga belajar menghadapi ketakutan mereka dan membicarakannya secara terbuka pada pelatih untuk menemukan cara mengatasinya.

Keenam, Membantu anak untuk menetapkan tujuan. Layaknya gimnastik yang tak bisa diperoleh secara instan, arti hidup pun begitu. Kemampuan atletik yang tidak bisa dibangun hanya semalam membutuhkan upaya dan dedikasi untuk menyempurnakan pikiran dan gerak tubuh. Ini seperti belajar menetapkan tujuan dan bekerja terus menerus untuk bisa mencapainya. Lewat proses ini anak akan bisa belajar untuk menetapkan tujuan hidupnya. Dalam proses ini juga, anak akan belajar bagaimana mengelola stres dan tetap tenang pula saat di bawah tekanan.

Terakhir, Gimnastik adalah hal yang menyenangkan. Semua anak tentunya menyukai aktivitas yang menyenangkan. Dalam olahraga ini anak akan banyak melakukan aktivitas yang melibatkan mengayun, berguling, melompat, membalik, dan terjun bebas sesaat. Lewat gerakan-gerakan yang menyenangkan ini anak akan mengurangi stres pada anak juga lho.

Wah, ternyata banyak ya manfaatnya Fams. Jangan ragu untuk mengajak anak mengenal olahraga asyik ini. Fams bisa mengikutkan si kecil ke kelas-kelas gimnastik di sport center terdekat. Pastikan juga kelas dan pelatihnya yang sudah terpercaya ya.

 

Bagikan yuk!

Satu Komentar

  • tidak banyak bermanfaat bagi kesehatan, ternyata ada manfaat yang lain pula. sangat informatif

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *