Kemendikbud Gelar Acara Kemah Virtual untuk Anak dan Keluarga Indonesia

Kemendikbud Gelar Acara Kemah Virtual untuk Anak dan Keluarga Indonesia

Farenting.com – Dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional 2020, Pusat Penguatan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengadakan Acara Kemah Karakater Virtual Anak Indonesia. Melalui akun Instagram @cerdasberkarakter.kemdikbudri, Kemendikbud mengajak para orangtua dan anak-anak mengisi libur sekolah dengan kegiatan produktif meskipun #dirumahaja.

Kemah Karakter Virtual Anak Indonesia akan berlangsung mulai tanggal 6 sampai dengan 9 Juli 2020 dengan rangkaian acara menarik beserta pemateri kekinian. Kegiatan tersebut diselenggarakan lewat aplikasi Zoom, sehingga orangtua dan anak dari seluruh Indonesia bisa bergabung melalui gawai atau pun laptop masing-masing.

Dengan mengusung tema “Anak gembira, Keluarga Hebat, Indonesia Maju” diharapkan menjadi pemicu semangat keluarga dalam menjalankan rumah tangga yang sehat demi kemajuan bangsa. Tersedia 4000 kuota pendaftar, mulai dari jenjang PAUD/ PAUDLB, SD/ SDLB, SMP/ SMPLB, dan SMA/ SMALB sederajat. Masing-masing jenjang mendapatkan kuota 1000 peserta dan pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 sampai dengan 5 Juli 2020 melalui link https://s.id/daftarkkvpuspeka.

Kemdikbud mengajak keluarga Indonesia untuk belajar dengan cara-cara baru dalam menghadapi kondisi pandemi, seperti dikutip dari Website cerdasberkaratker.mendikbud.go.id, “Tahun 2020 ini merupakan masa di mana kita bersama keluarga harus belajar untuk beradaptasi dengan cara-cara baru. Mari belajar dan berkreasi Bersama di Kemah Karakter Virtual Anak Indonesia dan jadikan liburan sekolah ini menjadi waktu yang produktif dan penuh makna bersama keluarga.”

Dalam acara tersebut anak-anak akan diberikan pemahaman mengenai nilai Pancasila dan Kebhinekaan Global serta bagaiamana memperkuat hubungan anak dengan keluarga. Tidak hanya itu, narasumber juga akan memacu kreativitas dan soft skill anak. Acara terbagi dalam lima sesi, yaitu sharing session Narasumber kekinian, Sesi Hiburan Mendongeng dan Bernyanyi, Pengerjaan Projek Setiap Jenjang, Kunjungan Virtual ke Museum Nasional, dan Sesi Pembagian Hadiah Lawang (Doorprize).

Pendafataran dilakukan dengan mengisi Google Form oleh orangtua/ wali bagi peserta didik PAUD dan SD. Sedangkan bagi peserta didik SMP hingga SMA/SMK sederajat bisa dilakukan oleh peserta didik sendiri dengan pendampingan orangtua/ wali. Persayaratan yang wajib diisi antara lain nama lengkap, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), asal sekolah, kelas, asal kota/ kabupaten, asal provinsi, serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Selain itu, peserta wajib mengunggah foto kartu pelajar dan memiliki akun facebook. Melalui platform facebook inilah pertukaran informasi terjadi antara panitia dan peserta, maupun antarsesama peserta.

Baca Juga:  Mengenal Youtube Kids, Tontonan Ramah Anak Selama Pandemi

Berhubung jumlah peserta dibatasi hanya untuk 4000 anak, maka ada baiknya Fams segera mendaftarkan sang buah hati. Jadikanlah setiap momen #dirumahaja menjadi berarti, dengan aktivitas yang serba berguna lagi produktif. Mengenai detail acara akan diberitahukan lebih lanjut melalui website atau pun sosmed dari Tim Pusat Penguatan Karakter Mendikbud. Pada akhir acara semua peserta akan mendapatkan e-sertifikat dan relasi dari seluruh keluarga Indonesia. Jangan sampai ketinggalan ya Fams.

Bagikan yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *