Keistimewaan Sosok Ayah bagi Anak Perempuan

Keistimewaan Sosok Ayah bagi Anak Perempuan

sumber: pexels.com

Farenting.com – Ayah adalah sosok laki-laki pertama yang di kenal anak perempuannya, bahkan menjadi sosok cinta pertama. Hubungan antara ayah dan anak perempuan dapat berlangsung sangat baik, bahkan bisa juga sangat buruk. Semua itu tergantung bagaimana seorang ayah menjalani perannya dalam keluarga. Meskipun memiliki banyak saudara laki-laki, sosok keistimewaan ayah tidak bisa digantikan. Hubungan ayah dan anak perempuan yang positif akan memberikan efek yang sangat besar bagi kehidupannya kelak. Pengaruh ini akan menentukan apakah ia tumbuh menjadi perempuan yang kuat dan penuh percaya diri. 

Jika seorang ayah melakukan perannya dengan baik bahkan, dalam hal kecil sekalipun kepada anak maupun keluarga. ayah dapat membentuk dan memengaruhi pola pikir anak perempuan. Sikap, perilaku, dan kepribadian ayahnya yang menjadi gambarannya untuk memilih figur pasangannya. Anak perempuan akan memperhatikan juga bagaimana seorang ayah memperlakukan ibunya. Jika ayahnya di anggap sangat baik dan peduli dengan anak dan ibunya, putrinya pun menginginkan pasangan seperti ayahnya, setidaknya pasangannya memiliki setengahnya dari perilaku ayah yang dianggap baik.

Menurut Jurnal yang berjudul Peran Ayah Terhadap Perkembangan Emosional Anak, ditulis oleh Tia  Novela dari Universitas Negeri Padang mengatakan, peran ayah sangat berpengaruh pada kondisi emosional anak. Perilaku ayah terhadap anak-anaknya akan berdampak pada tumbuh kembang anak. Apabila ayah memberikan kasih sayang kepada anak hingga anak merasakan kebahagiaan dan rasa nyaman ketika dekat dengan ayah. Cara ini juga akan membentuk kedekatan secara batin antara ayah dan anak. Begitu sebaliknya, jika seorang ayah tidak memberikan perhatian dan kasih sayang pada anak, ia akan merasa tidak nyaman saat bersama ayahnya.

Dalam Jurnal Peran Ayah yang ditulis oleh Deny Astuti dari Universitas Muhammadiyah Surakarta mengatakan kedekatan anak perempuan pada ayahnya sejak kecil akan membentuk cara berpikir yang rasional pada pasangannya ketika sudah dewasaa. Kualitas hubungan ayah dan anak perempuan yang baik secara signifikan dapat mempengaruhi banyak hal penting. Misalnya memahami pikiran atau pendapat antara ke dua individu dalam satu waktu dan mendekatkan kepentingan dalam bernegosiasi suatu hal.

Di lansir dari bollywoodshaadis.com dan id.theasianparent.com , ada berbagai alasan mengapa anak perempuan begitu istimewa bagi sang ayah. Setiap orang tua, ayah maupun ibu pasti selalu ingin melindungi anaknya dari hal yang mengganggu. Namun berbeda dengan naluri ayah untuk melindungi putrinya, hingga tak ada orang lain yang dapat berbuat jahat padanya. Ayah menjaga anaknya agar merasa aman, agar terhindar dari orang yang berbuat jahat dan nakal. Anak perempuan selalu punya tempat istimewa tersendiri dalam hati seorang ayah. Rasa peduli dan kasih sayangnya tidak pernah berhenti. ia akan berusaha untuk terus membahagiakan dan memastikan tidak ada orang lain yang bisa menyakiti hati putri tercintanya.

Baca Juga:  Pentingnya Sosok Ayah dalam Tumbuh Kembang Anak

Berbeda dengan saudara laki-laki. Saat bertumbuh dewasa, akan sering berbeda pemahaman dan pendapat oleh ayah. Sedangkan anak perempuan, bila suda tumbuh dewasa dan mandiri, ia akan selalu jadi gadis kecil kesayangan bagi ayahnya. Berapapun usia anaknya dan apa saja pencapaian yang sudah diraih, ayah selalu jadi pahlawan baginya.

Anak-anak akan selalu mengingat dengan orang yang menjaga dan mengurusnya sejak kecil. Setiap hari yang dia lihat ibu selalu mengurusnya dengan sangat baik dan penuh kasih sayang, ibu akan menjadi orang terfavorit baginya. Seiring berjalannya waktu, anak akan melihat bahwa ayahnya dapat memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Hal ini akan menimbulkan pemikiran ayah sangat peduli dan sayang pada putrinya. Memiliki ikatan emosional pada ayah akan memberikan perasaan stabil, memperbaiki kelemahannya, dan mengembangkan kepribadiannya.

Nah Fams, itu tadi keistimewaah ayah bagi anak perempuannya. Meski sudah beranjak dewasa, ia akan selalu menjadi putri kecil kesayangan ayahnya. Dad, buatlah memori indah bersama si kecil untuk menciptakan ikatan batin yang kuat, hingga kelas dewasa.

Bagikan yuk!

3 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *