Jaga Daya Tahan Tubuh Anak Saat Pandemi

Jaga Daya Tahan Tubuh Anak Saat Pandemi

Farenting.com โ€“ Fams, di masa pandemi seperti ini kita diharuskan untuk terbiasa dengan kebiasaan baru, seperti cuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak. Hal itu diterapkan guna mencegah penyebaran virus Covid-19 yang sampai sekarang masih meningkat di sejumlah wilayah Indonesia bahkan dunia. Maka dari itu, menjaga daya tahan tubuh menjadi hal penting dan wajib dilakukan. Apalagi memasuki musim penghujan, penyakit yang rawan menghampiri anak, yaitu flu, demam dan batuk.

Sistem daya tahan atau kekebalan tubuh anak-anak yang masih dalam perkembangan. Hal tersebut membuat anak menjadi rentan jatuh sakit. Apabila si kecil sering jatuh sakit, proses tumbuh kembangnya tidak bisa berjalan dengan optimal. Oleh karena itu, penting sekali bagi orangtua untuk menjaga daya tahan tubuh anak agar kesehatan serta pertumbuhannya tetap tetap terjaga. Terlebih di masa pandemi virus corona ini.

Sistem imun atau daya tahan tubuh memainkan peran yang vital bagi manusia. Sistem ini merupakan pertahanan tubuh yang paling optimal dalam melawan virus, bakteri, parasit maupun jamur penyebab penyakit. Sebelum hal itu terjadi, Fams harus menjaga daya tahan tubuh si kecil agar tidak mudah terserang suatu penyakit agar ia bisa bebas beraktivitas serta meminimalisir risiko penularan penyakit.

Pertama, Penuhi Kebutuhan Nutrisi. Pada bayi baru lahir, nutrisi yang tepat adalah pemberian ASI. Dikutip dari klikdokter.com, di dalam ASI terdapat sejumlah antibodi dan imunoglobulin A (IgA) yang berperan untuk melindungi tubuh, agar tidak mudah terpapar bakteri dan virus pembawa penyakit. Setelah anak berusia 6 bulan, ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Anda perlu memberikannya MPASI yang sehat dan bergizi seimbang, yang terdiri atas karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah.

Disamping nutrisi makro dan mikro, cairan juga merupakan komponen penting dalam tumbuh kembang anak. Dilansir dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), berikut ini merupakan kebutuhan cairan yang bisa didapatkan dari air mineral, susu, atau jus buah berdasarkan usia, yaitu:

  • Usia 0 โ€“ 6 bulan memerlukan cairan 700 mililiter (mL) per hari;
  • Usia 7 โ€“ 12 bulan memerlukan cairan 800 mL/hari;
  • Usia 1 โ€“ 3 tahun memerlukan 1300 mL/hari;
  • Usia 4 โ€“ 8 tahun memerlukan 1700 mL/hari;
  • Usia 9 โ€“ 13 tahun memerlukan 2400 mL/hari (laki-laki) dan 2100 mL/hari (perempuan); serta
  • Usia 14 โ€“ 18 tahun memerlukan 3300 mL/hari (laki-laki) dan 2300 mL/hari (perempuan).

Kedua,ย  Istirahat yang Cukup. Kurang istirahat atau tidur bisa menjadi faktor penyebab melemahnya daya tahan tubuh anak, sehingga menjadi mudah sakit. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk istirahat yang cukup, terlebih di masa pandemi seperti ini.

Dilansir dari jovee.id, di bawah ini adalah anjuran waktu tidur sesuai usia menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, yakni:

  • Usia 0 โ€“ 1 bulan: 14 โ€“ 18 jam per hari;
  • Usia 1 โ€“ 18 bulan: 12 โ€“ 14 jam per hari;
  • Usia 3 โ€“ 6 tahun: 11 โ€“ 13 jam per hari;
  • Usia 6 โ€“ 12 tahun: 10 jam per hari;
  • Usia 12 โ€“ 18 tahun: 8 โ€“ 9 jam per hari;
  • Usia 18 โ€“ 40 tahun: 7 โ€“ 8 jam per hari;
  • 41 โ€“ 59 tahun: 7 jam per hari;
  • Lansia > 60 tahun: 6 jam per hari.

Ketiga, Rutin Berolahraga. Orang-orang yang jarang beraktivitas dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk dan bermalas-malasan, terbukti lebih mudah terserang flu atau penyakit menular lainnya. Oleh karena itu, Fams harus membiasakan keluarga dirumah untuk rutin berolahraga. Olahraga dipercaya mampu meningkatkan kebugaran secara keseluruhan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, serta menghalau tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi.

Keempat, Minum Vitamin atau Suplemen. Bagi sebagian anak yang mungkin tidak mendapatkan asupan vitamin dari apa yang dikonsumsi, bisa mengonsumsi suplemen makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Akan tetapi, Fams harus mengonsumsi suplemen makanan atau multivitamin sesuai dosis yang disarankan.

Melansir dari alodokter.com, suplemen makanan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, setidaknya mengandung berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh anak, seperti vitamin A, B, C, dan E, serta Echinacea Purpurea atau obat herbal yang banyak digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda, misalnya untuk pencegahan dan pengobatan flu. Penelitian menunjukkan bahwa herbal ini dapat mencegah flu dan mempercepat pemulihan. Jika ingin praktis, Fams bisa memberikan suplemen ImBoost Kids untuk menjaga daya tahan dan kekebalan tubuh anak.

Baca Juga:  Benarkah Cacar Menyebabkan Kematian?

Imboost adalah produk suplemen kesehatan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Imboost bukan multivitamin melainkan Immunity Booster (peningkat daya tahan tubuh-imunomodulator) yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit dan mempercepat penyembuhan penyakit. Imboost mengandung bahan alam, sehingga aman untuk dikonsumsi. Tersedia dalam pilihan : Imboost Kids Sirup dan Imboost Kids Tablet Hisap. (adv)

Indikasi Umum

Meningkatkan kekebalan tubuh. Sebagai terapi tambahan untuk menstimulasi/meningkatkan sistem imun pada pasien infeksi akut atau kronik.

Deskripsi

Imboost Kids Sirup merupakan suplemen daya tahan tubuh yang bersifat Imunostimulan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit. Suplemen ini mengandung Echinacea purpurea herb dry extract dan Zn Piccolinate yang bekerja cepat mengaktifkan sistem daya tahan tubuh namun tetap aman untuk dikonsumsi. Imboost akan bekerja langsung di sistem pertahanan tubuh kita dengan memperbanyak antibodi sehingga daya tahan tubuh lebih kuat melawan serangan virus.

Komposisi

Tiap 5 ml mengandung : Echinacea Purpurea extract 250 mg, Zn Picolinate 5 mg

Dosis

Anak di atas usia 6 tahun : 5 ml, 3 kali sehari. Anak umur 2 – 6 tahun: 5 ml, 1 sampai 2 kali per hari. Anak umur 1 -2 tahun: Dosis sesuai dengan anjuran dokter.

Kemasan

60 ml (untukย  varian rasa Original dan Anggur), 120 ml (untuk varian rasa Original)

Harga

Rp 50.900 – Rp 100.100 (Harga berbeda di tiap apotek)

Indikasi Umum

Suplemen untuk membantu memelihara daya tahan tubuh anak.

Deskripsi

Imboost Kids Tablet Hisap merupakan suplemen untuk membantu memelihara daya tahan tubuh anak dalam formula tablet hisap. Tablet hisap ini dilengkapi dengan rasa mixberry yang enak sehingga memiliki rasa yang sangat disukai oleh anak-anak.

Komposisi

Echinacea purpurea herb dry extract 125 mg, Zn Piccolinate 2.5 mg

Dosis

– Anak usia 2 – 6 tahun: 1-2 kali sehari, 2 tablet. – Anak usia diatas 6 tahun: 3 kali sehari, 2 tablet.

Aturan Pakai

Tablet dihisap hingga larut seluruhnya. Dapat diberikan sebelum atau sesudah makan.

Kemasan

Dus, Botol plastik @ 21 Tablet Hisap

Harga

Rp 29.900 – Rp 69.700 (Harga berbeda di tiap apotek)

Bagikan yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *