Catat, Persiapan Melahirkan untuk Calon Moms

Catat, Persiapan Melahirkan untuk Calon Moms

Sumber: unsplash.com

Farenting.comMoms, mendekati hari persalinan pasti banyak kebingungan yang dirasakan ketika hendak melahirkan anak pertama. Rasa gembira, takut, dan khawatir menjadi hal yang normal bagi seorang ibu yang ingin melahirkan. Namun, apa sajakah persiapan yang harus Moms lakukan saat persalinan? Informasi selengkapnya telah Farenting rangkum khusus untuk Fams.

Memasuki akhir-akhir masa trimester ketiga, ternyata semakin banyak persiapan melahirkan yang perlu Moms lakukan. Agar proses persalinan lancar, ada baiknya Moms mengetahui dan mencatat apa saja hal yang dibutuhkan dan dipersiapkan nantinya. Berikut panduan persiapan melahirkan yang perlu Moms ketahui (dikutip dari alodokter.com) :

Pertama,  Persiapkan tempat melahirkan dan dokter. Penting untuk memikirkan kedua poin ini sebelum hari persalinan. Mencari dokter kandungan atau bidan yang tepat untuk persalinan Moms sejak awal kehamilan. Pemilihan tempat juga demikian, apakah Moms ingin melahirkan di bidan atau rumah sakit? Pemilihan ini akan mempengaruhi ketika Moms hendak melahirkan dimana dan dokter atau bidan yang menanganinya. Moms, perlu mencari banyak informasi, seperti jadwal praktik di rumah sakit lain jika memilih dokter. Hal penting berikutnya, pikirkan jarak tempat bersalin dan rumah Moms. Pilih tempat yang terdekat dari rumah, agar memudahkan persiapan.

Kedua, Barang yang perlu dibawa. Ada banyak perlengkapan baby dan Moms yang perlu dibawa ke tempat bersalin. Agar selama disana, Moms merasa nyaman dan menghindari ada beberapa barang yang tertinggal, yuk catat beberapa hal dibawah ini.

Persiapan Barang untuk Moms Menjelang Proses Persalinan, dilansir dari zwitsal.co.id :

  • Satu potong baju yang memiliki kancing di depan dan baju untuk pulang dari rumah sakit
  • Kosmetik dan peralatan mandi yang biasa dibawa jika bepergian
  • Bra menyusui dan baju dalam
  • Makanan ringan yang bunda sukai
  • Gurita
  • Breast pad
  • Pembalut wanita yang berukuran besar

Persiapan Barang untuk Bayi Menjelang Proses Persalinan :

  • Beberapa potong baju bayi baru lahir, sarung tangan dan kaki
  • Popok bayi
  • Minyak telon
  • Kain bedong dan selimut
  • Botol susu ukuran kecil
  • Tisu bayi
  • Tas bayi

Persiapan Barang untuk Ayah Menjelang Proses Persalinan

  • Seluruh dokumen yang berkaitan dalam pengurusan administrasi
  • Baju ganti dan peralatan mandi
  • Jam untuk menghitung waktu kontraksi
  • Buku bacaan dan makanan kecil

Ketiga, Memilih metode persalinan. Moms, dapat menyesuaikan metode melahirkan dengan kondisi kesehatan pribadi dan lakukan konsultasi dengan dokter. Pilihan metode melahirkan, seperti normal, caesar, dan water birth.

Kebanyakan wanita merasa telah menjadi ibu seutuhnya ketika mereka dapat melahirkan secara normal. Belajar mengatur pernapasan dengan mengikuti kelas persalinan untuk membantu proses persalinan normal berjalan lancar. Jika Moms memilih operasi caesar, tidak apa-apa. Meski pada dasarnya dilakukan karena kondisi tertentu, tidak jarang sebagian pasangan lebih memilih operasi caesar karena takut mengalami rasa sakit kontraksi dari persalinan normal. Metode terakhir, water birth. Proses ini dapat meminimalkan terjadinya kerobekan parah pada vagina dan dapat meningkatkan aliran darah ke rahim. Akan tetapi metode persalinan ini secara umum belum direkomendasikan karena masih dibutuhkan penelitian berlanjut untuk memastikan manfaat dan risikonya.

Keempat, Persiapkan tubuh dan organ intim, Moms. Jika memilih melahirkan normal akan banyak menguras tenaga, maka penting menjaga kesehatan tubuh. Makanlah makanan yang bergizi dan seimbang serta istirahat yang cukup. Menjaga kebersihan tubuh, organ intim dan kebersihan makanan. Lakukan olahraga ringan atau mengikuti kelas olahraga hamil agar stamina maksimal.

Baca Juga:  Ibu Hebat, Harus Kenali Disleksia Sebelum Terlambat

Organ yang paling berperan dalam proses persalinan adalah organ intim. Maka persiapan melahirkan normal yang tak kalah penting adalah mempersiapkan organ kewanitaan. Dikutip dari id.mamypoko.com, persiapan dapat dilakukan dengan senam Kegel untuk melatih otot di daerah kemaluan sebelum melahirkan. Cara melakukan senam Kegel adalah mengontraksikan otot, yaitu seperti Moms menahan kencing. Otot yang dipakai untuk menahan kencing dan melahirkan merupakan otot yang sama.

Ada pertanyaan penting yang sering ditanyakan Moms, saat hendak melahirkan. Perlukah mencukur rambut rambut kemaluan sebagai persiapan persalinan?

Saran terbaiknya, Moms tidak dianjurkan untuk mencukur bulu kemaluan sebagai persiapan lahiran atau kelahiran bayi. Ini karena mencukur bulu kemaluan dapat meningkatkan infeksi setelah kelahiran. Jika memang diperlukan, biasanya perawat yang akan membantu Moms mencukur bulu kemaluan saat hari persalinan.

Sebuah penelitian Journal of Hospital Infection, menemukan risiko Moms untuk mengalami infeksi bisa lebih besar bila mencukur bulu kemaluan sebelum melahirkan. Mencukur bulu kemaluan sebelum prosedur operasi seperti melahirkan bisa meningkatkan risiko infeksi bila tidak dilakukan dengan cara dan alat yang steril.

Jadi Moms, jangan malu bertanya ke teman-teman yang memiliki pengalaman melahirkan. Minta masukan yang tepat dan jangan bertanya jika membuat Moms menjadi lebih khawatir dan takut. Jangan lupa juga bertanya kepada ibu atau ibu mertua, mereka dapat memberikan masukan yang bijak kepada Moms. Terapkan pola hidup sehat dan jangan panik ya, Moms.

Bagikan yuk!

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *