Amankah Berhubungan Seksual Saat Pandemi Covid-19?

Amankah Berhubungan Seksual Saat Pandemi Covid-19?

Farenting.com – Setelah mewabahnya virus Covid-19, mengharuskan setiap orang untuk menerapkan physical distancing atau jaga jarak aman agar virus tidak mudah menular. Menurut data sebaran pada situs https://covid19.go.id/ (28/04) sekitar 9.096 orang positif Covid-19 di Indonesia. Maka dari itu masyarakat dihimbau untuk melakukan aktivitas semuanya di rumah.

Virus Covid-19 dapat menyebar lewat tetesan atau percikan air liur yang keluar dari mulut pengidap saat bersin, batuk, dan berbicara. Tindakan preventif yang dilakukan pemerintah melalui physical distancing dipercaya dapat meminimalisir dan memutus mata rantai penyebaran virus ini. Oleh karena itu, banyak pasangan suami istri yang bertanya apakah virus ini dapat menyebar ketika berhubungan seksual? Apakah virus corona dapat menyebar melalui cairan dalam tubuh yang dikeluarkan saat ereksi?

Dilansir dari parenting.orami.co.id, Menurut jurnal Fertility and Sterility, peneliti dari Amerika Serikat dan Cina tidak menemukan adanya Covid-19 dalam semen 34 pria Cina dewasa yang rata-rata di tes positif virus corona sebulan sebelumnya. Para peneliti mencatat bahwa temuan ini hanya berdasar dari ukuran sampel yang kecil. Tetapi, hasilnya masih signifikan karena menunjukkan bahwa virus Covid-19 mungkin tidak ada di dalam testis.

Selanjutnya, Covid-19 bukanlah penyakit menular seksual. Namun, perlu diperhatikan saat Moms & Dads berciuman, karena virus ini menyebat lewat air liur. Ketika berciuman dengan orang yang terinfeksi atau positif virus corona, maka dapat dipastikan pasangannya juga akan terinfeksi.

Mengutip British Association for Sexual Health and HIV, apabila Moms & Dads sama-sama berada di rumah untuk karantina mandiri, melakukan hubungan seks akan sah-sah saja. Namun, bila salah satu dari Anda masih ada kebutuhan untuk bepergian ke luar rumah, entah untuk bekerja atau sekadar berbelanja, maka sebaiknya bersihkan diri dengan benar sebelum bercinta karena kemungkinan risiko terkena paparan virus dari luar.

Dilansir dari sehatq.com dan popmama.com, berikut Tips Aman Bercinta Agar Tidak Terinfeksi Virus Corona :

  1. Bersihkan diri sebelum dan sesudah berhubungan
bersihkan diri farenting

Sebelum melakukan hubungan seksual, Moms & Dads harus melakukan pembersihan diri. Mulai dari mandi dan mencuci tangan sebelum menyentuh pasangan. Sesudah bercinta, Moms & Dads pun diwajibkan untuk membersihkan diri lagi, seperti mandi dan membilas organ intin. Hal ini bertujuan untuk mencegah infeksi Covid-19 dan infeksi-infeksi lain seperti infeksi kandung kemih.

  1. Berhati-hati saat berhubungan seks

Sumber : pexel.com

sex toys farenting

Apabila Anda mempunyai mainan seks, maka sering-seringlah untuk mencuci dengan air hangat, alkohol atau air dan sabun. Agar virus tidak hidup pada benda-benda tersebut.

  1. Hindari hubungan seks jika Moms & Dads tidak enak badan

Sumber: pexel.com

Jika Moms atau Dads merasa tidak enak badan, hindari seks untuk sementara waktu terutama berciuman. Harus memerhatikan jika kamu atau pasangan memiliki kondisi medis yang dapat menyebabkan Covid-19 yang lebih parah, seperti penyakit paru-paru, penyakit jantung, diabetes, kanker atau sistem kekebalan tubuh yang melemah (misalnya, memiliki  HIV yang tidak tertekan dan jumlah CD4 rendah).

Kondisi-kondisi yang disebutkan di atas, menganjurkan untuk Moms & Dads untuk tidak melakukan seks. Dengan adanya riwayat medis yang dapat memperparah kondisi corona, sangat di sayangkan apabila tertular corona melalui pasangan saat berhubungan seks bukan.

Nah Moms & Dads, jangan sampai, hubungan seks yang tadinya indah dan memberi kesan menyenangkan, malah membawa malapetaka bagi pasangan ya, Anjuran ini ada baiknya untuk diikuti semasa mewabahnya virus corona masih menghantui ya. Perhatikan dengan baik agar niat bercinta tetap bisa lakukan untuk Moms & Dads semua, tetap semangat!

 
Bagikan yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *