Aktivitas Seru Montessori Selama #DirumahAja

Aktivitas Seru Montessori Selama #DirumahAja

Farenting.com – Selama #DirumahAja kebanyakan orangtua bingung bagaimana membuat anaknya nyaman. Hampir 5 bulan lebih Corona masih membayangi Indonesia dan dunia, membuat segala kegiatan lebih aman bila dilakukan di rumah saja. Jangan khawatir Moms, berbagai permainan asyik yang dapat dilakukan bersama si kecil walaupun berada di rumah. Tak hanya sekadar permainan, namun juga diselipi dengan pembelajaran di dalamnya. Hal ini disebut jua dengan metode Montessori.

Dikutip dari Buku Metode Montessori Panduan Wajib Untuk Guru Dan Orang Tua Didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang ditulis oleh Maria Montessori, metode Montessori adalah salah satu metode yang digunakan pada Taman kanak-kanak. Metode Montessori diperkenalkan oleh seorang dokter wanita bernama Maria Montessori yang merupakan salah satu pendidik besar. Metode Montessori merupakan suatu hasil dari sistem pendidikan yang digunakan di rumah anak-anak yang bersumber dari pengalaman-pengalaman dengan anak-anak Abnormal. Kemudian dipresentasikan menjadi sebuah usaha panjang dan penuh pemikiran pada anak-anak normal.

Metode Montessori secara umum mendidik anak untuk memacu perkembangan fisik, sosial, emosional, dan intelektual anak secara maksimal, sehingga seorang anak dapat mengembangkan potensi yang ada dalam diri mereka. Metode Montessori memiliki lima prinsip seperti dikutip pada laman fimela.com, di antaranya:

Pertama, Menekankan proses belajar eksperiensial. Anak-anak yang mengikuti pembelajaran metode Montessori akan belajar dengan materi dan bahan yang sudah dirancang khusus. Seperti saat belajar matematika, mereka tidak sekadar menghafal angka tapi langsung menghitung dan menambahkan bahan yang sudah dibuat.

Kedua, Peran guru membantu menyediakan alat untuk belajar. Tugas guru adalah mengamati anak dan memperkenalkan bahan-bahan pelajaran pada waktu yang tepat. Di rumah, orangtua yang ingin mencoba untuk menerapkan metode pendidikan Montessori pada anak perlu berusaha keras mengupayakan berbagai macam alat peraga untuk mengenalkan materi.

Ketiga, Lingkungan belajar perlu didesain khusus. Tempat belajar atau lingkungan untuk belajar anak perlu didesain dan memang dipersiapkan khusus. Dalam artian, tempat belajar perlu dibuat sedemikian rupa untuk membantu anak bisa mengeksplorasi banyak hal dan belajar secara independen..

Keempat, Anak dibimbing belajar langsung one-on-one lesson. Metode pembelajaran one-on-one lesson akan diberikan untuk menunjang kebutuhan belajar anak. Bila menerapkan metode Montessori pada anak di rumah, maka kita sebagai orangtua perlu memberikan fokus dan perhatian penuh pada anak dalam proses belajarnya.

Kelima, Penekanan pada peace education. Model pendidikan yang membantu anak untuk memiliki kemampuan mengatasi konflik dan masalahnya sendiri tanpa kekerasan dan dengan cara yang kreatif. Dalam proses pembelajaran, perlu penekanan soal mengajarkan rasa saling menghargai, saling menghormati, dan mencintai.

Dengan peralatan sederhana yang ada di rumah, Moms bisa gunakan untuk bahan belajar si kecil dengan metode Montessori ini. Yuk, Simak beberapa ide menarik yang dapat Fams praktikkan :

Pohon dengan Hiasan Cap Jari

Majalah Dinding

Sumber : mollymoocrafts.com

Untuk si kecil yang senang menggunting dan menempel, membuat kreasi majalah dinding adalah ide yang cemerlang. Siapkan majalah bekas, cat air, gunting dan lem dan biarkan imajinasinya bermain. Hasil karyanya bisa Fams pajang di dinding ruang tamu agar mereka senang tiap kali melihatnya.

Cat Busa

Sumber: google.com

Siapa yang tidak senang bermain balon tiup menggunakan cairan busa? Agar sisa cairan busa tidak terbuang percuma, Fams bisa mengakalinya dengan memberikan pewarna food grade ke dalamnya. Jika balon tiup hendak jatuh, tadahi dengan kertas putih. Hasilnya akan membentuk gambar abstrak warna warni yang cantik.

Melukis Batu Becerita

Sumber : google.com

 

Punya bebatuan di pekarangan rumah? Mengapa tidak dijadikan media lukis? Gunakan cat akrilik untuk hasil permanen sehingga bisa dipajang. Anak-anak pun akan punya cerita seru dibalik gambar yang terlukis di bebatuan mungilnya.

Nah Fams, itu tadi beberapa ide menarik dari metode Montessori yang bisa dilakukan. Orangtua bisa mengadaptasi metode ini dalam mendidik anak di rumah. Tentunya memang perlu mengalokasikan waktu dan energi khusus untuk bisa membantu memberikan pendidikan yang terbaik di rumah tanpa membuat anak merasa tertekan atau terbebani.

Bagikan yuk!

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *