Ajarkan Anak Peduli Lingkungan Sejak Dini

Ajarkan Anak Peduli Lingkungan Sejak Dini

Farenting.com РMembiarkan anak bermain gadget tanpa kenal waktu dapat membuatnya kecanduan. Dikutip pada lifestyle.remahan.com, menurut Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listiyarti, anak yang kecanduan gadget lebih berbahaya ketimbang kecanduan narkoba. Saat orang tua meminta untuk berhenti, mereka akan menolak, marah, dan bahkan mengamuk.

Dilansir dari Gizmologi.id, Ketua KPAI Santoso memaparkan, di era seperti saat ini, melepas anak secara total dari gadget memang sulit dilakukan. Meski demikian, penggunaannya pun harus tetap secara proporsional. Sangat diperlukan orang terdekat anak seperti keluarga untuk mendampingi anak saat bermain gadget. Potensi anak lekat dengan gadget sangat tinggi, namun harus tetap proporsional.

Banyak hal baik yang dapat ditanamkan pada anak sejak dini agar menjadi kebiasaan produktif dibandingkan harus membiarkannya bermain gadget seharian salah satunya adalah kepedulian terhadap lingkungan. Sebab, sekecil apapun partisipasi kita untuk menjaga lingkungan memiliki berdampak besar bagi kondisi bumi maupun kelangsungan hidup semua makhluk di dalamnya. Mengajak buah hati untuk peduli dengan sekitarnya tentu tidak mudah, disini peran orangtua menjadi penting. Perlu kesabaran ekstra agar mendapatkan perhatian dan membuat mereka memahami apa yang kita maksud.

Sebagai panutan pertama anak, sudah menjadi kewajiban orangtua untuk memberikan contoh positif bagi anak, sehingga menciptakan karakter sosial yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Karakter merupakan hal yang sangat penting dan mendasar bagi manusia. Karakter menjadi salah satu kekhasan manusia dibandingkan dengan manusia lainnya. Mencintai lingkungan, adalah karakter yang patut ditanam kepada si kecil sejak dini. Jika orangtua berhasil menanamkan karakter untuk peduli terhadap lingkungan pada anak sejak usia dini, secara tidak langsung akan turut berkontribusi langsung dalam menyelamatkan lingkungan di bumi agar tidak semakin rusak dan tercemar.

Ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk membantu menumbuhkan rasa peduli lingkungan pada anak. Seperti, mengajak si kecil ke tempat wisata edukasi yang dekat dengan alam. Contohnya, wisata edukasi yang berada di Dusun Durek, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Banyak varian kegiatan yang didapatkan anak diajarkan untuk peduli lingkungan di sana, seperti:

Pertama, Peka terhadap sekitar

Kedua, Meningkatkan rasa kasih sayang

Ketiga, Bertanggung jawab

Keempat, Menghindarkan rasa egois

Kelima, Mendorong toleransi

Keenam, Baik untuk mental si kecil

Konsep Kampung Wiyata Tani atau wisata edukasi tani di pekarangan rumah. Di mana, setiap pekarangan rumah di Durek bahkan di setiap gang memiliki berbagai macam tanaman. Bahkan, masing-masing RT memiliki ciri khas dalam mendesain tempatnya, dengan berbagai tematik yang ditonjolkan untuk menarik perhatian wisatawan. Jenis tanaman yang ditanam pun beragam, meliputi sayur-mayur dan berbagai jenis tanaman hias, dan tanaman cabai yang menjadi ciri khas kampung ini. Tidak melulu tumbuh-tumbuhan, terdapat kebun binatang mini dengan berbagai koleksi hewan peliharaan, suguhan asmaul husna, serta tempat bermain permainan tradisional lengkap ada di Durek.

Baca Juga:  Kreativitas Daur Ulang Sampah Plastik di Dusun Durek

Kebiasaan masyarakat Durek pun dapat membantu anak untuk lebih peduli lagi dengan lingkungannya. Banyak hal dapat dilakukan saat berkunjung ke tempat ini, contohnya seperti anak-anak dapat melihat proses pengolahan sampah. Anak-anak juga diajarkan mengenai berbagai jenis sampah, serta pengelolaannya. Tak hanya itu, anak pun dapat belajar bertani dan bercocok tanam, menikmati sejuknya udara Batu, melihat macam-macam tanaman cabai dan masih banyak lagi.

Nah, bagaimana Fams? Ternyata penting sekali bukan mengajarkan anak untuk peduli lingkungan sejak dini. Membawa mereka ke wisata edukasi tentunya sangat membantu anak menumbuhkan kesadaran akan lingkungan.  Usai pandemi, yuk ajak si kecil berlibur sambil belajar di Dusun Durek!

Kontributor : Vanisya Aurelia Raisa S

Penyunting Teks : Aulia Fitria, Adin Damayanti

Ingin menulis artikel di platform kami? Langsung saja kirim artikel Anda ke email admin@farenting.com

Bagikan yuk!

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *