10 Tahun Menanti, Zaskia Sungkar dan Irwansyah Jalani Program Bayi Tabung

10 Tahun Menanti, Zaskia Sungkar dan Irwansyah Jalani Program Bayi Tabung

Farenting.com – Suka duka dalam menanti momongan telah dirasakan pasangan Zaskia Sungkar dan Irwansyah. Pasalnya, penantian itu sudah berjalan hampir 10 tahun lamanya. Pasangan yang menikah pada 15 Januari 2011 ini, akhirnya memilih menjalani program IVF (In Vitro Fertilization) atau disebut sebagai bayi tabung. Cerita program bayi tabung inipun dibagikannya dengan bahagia pada akun Instagram @zaskiasungkar15.

Pada video tersebut, Irwansyah meminta doa untuk kesehatan serta kelancaran Zaskia dalam menjalani program IVF. Saat hendak melakukan program ini, Kia sapaan akrabnya sering kali merasa sedih, karena hasilnya masih belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Walaupun takut dan khawatir, Kia tetap mencoba untuk melawan itu semua.

Kini, Tuhan telah menjawab semua doanya. Dalam foto tersebut,  Zaskia mengatakan, Alhamdulillah , rintangan yang harus kami lewati cukup banyak. Usaha yang harus kami jalani sudah tak terhitung. Sepanjang hampir 10 tahun lamanya kebersamaan ini, akan ada kebahagiaan kecil yang akan hadir menghampiri. Akhirnyaaa… Alhamdulillah aku hamil. Perjuangan mendapatkan garis dua ini ga sia-sia Ini jadi hadiah paling luar biasa bagi kami. Terima kasih untuk kamu @irwansyah_15 yang selalu bersedia menemaniku mewujudkan kehamilan ini. Dan buat kamu yang masih belum dapat ku sentuh, tumbuhlah sehat selalu.”

Pepatah bilang, tak ada usaha yang menghianati hasil. Begitu pula dengan segala usaha dan ikhtiar yang tepat dilakukan pasangan ini. “Nggak ada usaha yang sia-sia, pasti akan ada waktunya Allah menjawab doa kita di waktu yang tepat dan yang lebih indah,” ucap Zaskia dalam video pada kanal Youtube The Sungkars Family.

Jadi sebenarnya apa itu program bayi tabung? Program bayi tabung ialah proses pembuahan sel telur wanita oleh spermatozoa pria (bagian dari proses reproduksi manusia), yang terjadi di luar tubuh. Seperti dikutip dari Jurnal Bayi Tabung (Fertilisasi In Vitro) Dengan Menggunakan Sperma Donor dan Rahim Sewaan (Surrogate Mother) dalam Perspektif Hukum Perdata yang ditulis oleh Zahrowati, metode bayi tabung dapat dilakukan dengan 7 cara:

  1. Sel sperma suami disuntikkan langsung ke sel telur (ovum) istri;
  2. Sel sperma berasal dari suami, sel telur (ovum) berasal dari istri kemudian ditanamkan ke dalam rahim istri;
  3. Sel sperma berasal dari donor, sel telur (ovum) berasal dari istri kemudian ditanamkan ke dalam rahim istri;
  4. Sel sperma berasal dari suami, sel telur (ovum) berasal dari donor kemudian ditanamkan ke dalam rahim istri;
  5. Sel sperma berasal dari donor, sel telur (ovum) berasal dari donor kemudian ditanamkan ke dalam rahim istri;
  6. Sel sperma berasal dari suami, sel telur (ovum) berasal dari istri kemudian ditanamkan ke dalam rahim wanita lain (rahim sewaan);
  7. Sel sperma berasal dari suami, sel telur (ovum) berasal dari istri kemudian ditanamkan ke dalam rahim istri lainnya.
Baca Juga:  Takut Berpisah, Ruben Onsu Peluk Betrand Peto

Hakikatnya proses bayi tabung bertujuan untuk membantu pasangan suami istri yang tidak mampu melahirkan keturunan secara alami yang disebabkan karena ada kelainan pada tubanya. Pada proses bayi tabung, sel telur matang yang dihasilkan oleh sistem reproduksi istri akan dipertemukan dengan spermatozoa suami dalam sebuah cawan berisi cairan khusus di laboratorium. Cairan yang digunakan untuk merendam serupa dengan cairan yang terdapat dalam tuba wanita dengan tujuan untuk membuat suasana pertemuan antara sel telur matang dan spermatozoa senormal mungkin. Dengan demikian, keaktifan gerak spermatozoa dan kondisi sel telur dapat terjaga.

Proses pembuahan sel telur oleh spermatozoa akan terjadi di dalam cawan tersebut, dan selanjutnya dari pembuahan tersebut akan menghasilkan embrio. Setelah embrio sudah berusia cukup (Pada umumnya 2 sampai dengan 3 hari) maka akan ditanamkan kembali ke dalam rahim sang ibu. Embrio tersebut diharapkan terus tumbuh dan berkembang hingga menjadi bayi yang pada akhirnya dilahirkan oleh sang ibu.

Nah Fams, itu dia kisah dari pasangan inspiratif yang menanti buah hati. Dan beberapa penjelasan mengenai program bayi tabung. Untuk Fams, yang sedang menanti dan beikhtiar, semoga selalu ditebalkan sabar dan hati yang kuat, ya. Percaya pada waktu, seperti kata Zaskia tadi, “semuanya akan datang di waktu yang tepat”. Semangat Fams!

Bagikan yuk!

2 Komentar

  • Masya Allah, barakkalahulakuma untuk Zaskia dan Irwansyah, penantian buah hati selama 10 tahun akhirnya terbayarkan juga.

    Balas
  • Barakallah yang ditunggu-tunggu oleh pasangan ini akhirnya membuahkan hasil

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *